Tinjauan Kompetensi Petugas Rekam Medis Dalam Menunjang Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

SETYAWAN, MUHAMMAD FAUZI (2023) Tinjauan Kompetensi Petugas Rekam Medis Dalam Menunjang Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (560kB)

Abstract

RSUD dr Moewardi merupakan rumah sakit rujukan di Surakarta dan menjadi salah satu rumah sakit terbesar di Jawa Tengah. Berdasarkan studi pendahulan ditemukan terdapat banyaknya petugas rekam medis di RSUD dr. Moewardi di Surakartadan perbedaan riwayat pendidikan antar petugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kompetensi petugas rekam medis dalam menunjang Mutu pelayanan Kesehatan di RSUD dr Moewardi Surakarta.
Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan melakukan pengambilan data kuesioner, dan wawancara. Sampel 37 petugas rekam medis dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kuesioner dan pedoman wawancara merupakan instrumen dalam penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat.
Hasil penilitian kompetensi profesionalisme yang luhur mendapatkan persentase 85% yang termasuk kategori sangat baik, kompetensi mawas diri dan pengembangan diri mendapatkan persentase 87% yang termasuk kategori sangat baik, Kompetensi komunikasi efektif mendapatkan persentase 79% yang termasuk kategori baik, Kompetensi manajemen data mendapatkan persentase 79% yang termasuk kategori baik, Kompetensi kodifikasi mendapatkan persentase 77% yang termasuk kategori baik. Kompetensi Aplikasi statistik mendapatkan presentase 77% yang termasuk kategori baik. Kompetensi Manajemen pelayanan RMIK mendapatkan presentase 82% yang termasuk kategori sangat baik
Kesimpulan penelitian ini untuk empat kompetensi rekam medis sudah masuk dalam kategori “Sangat Baik” dan 3 kompetensi masuk ke dalam kategori “Baik”. Penulis menyarankan sebaiknya tetap meningkatakan kualitas kompetensi seluruh petugas agar pelayanan dapat tetap terjaga kualitasnya, dan memberikan pelatihan atau seminar untuk meningkatkan kompetensi, agar menghindari resiko komplain oleh pasien saat pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kompetensi, Rekam Medis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:11
Last Modified: 25 Oct 2023 08:11
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item
View Item