IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PT. Solo Jala Buana(SoloNet) MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5

Nugroho, Widianto Adi (2024) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PT. Solo Jala Buana(SoloNet) MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (479kB)

Abstract

PT. Solo Jala Buana (SoloNet), yang didirikan pada tahun 1996 sebagai Subnet Indonet Jakarta, adalah penyedia layanan internet yang awalnya fokus di Surakarta. Dengan perkembangan teknologi, khususnya WiFi, SoloNet menghadapi tantangan untuk memenuhi harapan pelanggan melalui pelayanan berkualitas untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap reputasi dan pertumbuhan bisnis, dimana konsumen yang puas cenderung memberikan ulasan positif dan rekomendasi. Penelitian ini menganalisis tingkat kepuasan pelanggan SoloNet menggunakan algoritma C4.5 dengan metode SDLC model waterfall dalam pengembangannya yang bertujuan untuk mengelompokkan penilaian layanan menjadi kategori puas dan tidak puas, serta mengidentifikasi area perbaikan. Pengujian sistem menggunakan blackbox telah sesuai dan Solonet berhasil melakukan analisis dengan algoritma C4.5 menunjukkan hasil akurasi 94,667%, precision 100%, dan recall 94,667%, berdasarkan 75 dataset training dan testing yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: C.45, Decision Tree, Data Mining, Kepuasan Pelanggan, Konsumen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:41
Last Modified: 16 Oct 2024 01:41
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item
View Item