APLIKASI PRESENSI SISWA BERBASIS QR CODE DI SMK PANCASILA 8 SLOGOHIMO WONOGIRI

WIBOWO, Agus (2020) APLIKASI PRESENSI SISWA BERBASIS QR CODE DI SMK PANCASILA 8 SLOGOHIMO WONOGIRI. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Repsitory_160101230.pdf] Text
Repsitory_160101230.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (680kB)

Abstract

Sistem presensi siswa merupakan sebuah hal yang penting dalam bidang pendidikan di Indonesia. Dengan sistem ini, instansi terkait dapat memantau perkembangan kedisiplinan siswa. Teknologi informasi yang semakin berkembang, menuntut kita untuk terus berinovasi dengan menciptakan sebuah sistem yang dapat memaksimalkan sumber daya yang ada menjadi sebuah kelebihan. Salah satu contohnya adalah aplikasi presensi berbasis qrcode. Terkait dengan kecepatan dan keakuratan data yang diolah. Dalam melakukan penelitian, studi kasus terjadi di SMK Pancasila 8 Slogohimo Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, merancang, membangun dan menerapkan aplikasi terhadap instansi terkait. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang nantinya dapat berguna untuk instansi terkait pada umumnya dan Administrator serta Guru pada khususnya. Sistem aplikasi ini dibangun dengan menggabungkan beberapa teknologi yang berkembang saat ini, seperti XAMPP sebagai aplikasi pendukung server, MariaDB sebagai Server utama basis data, Microsoft Visual Studio 2015 sebagai lingkungan pengembangan aplikasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem Spiral dan menggunakan Black Box testing serta Kuesioner sebagai metode pengujian sistem dengan hasil 89,28% menyatakan setuju pada pernyataan kuesioner.
Kata Kunci : Aplikasi, Presensi, QRCode

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Aug 2021 05:02
Last Modified: 03 Aug 2021 05:02
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item