GAME SIMULASI MENCOCOKAN PIN BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Lembaga Pendidikan Kejuruan Tamaco Education)

UTOMO, Briyan Wahyu (2020) GAME SIMULASI MENCOCOKAN PIN BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Lembaga Pendidikan Kejuruan Tamaco Education). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of 3. Repository_160103068.pdf] Text
3. Repository_160103068.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB)

Abstract

GAME SIMULASI MENCOCOKAN PIN BERBASIS ANDROID
(Studi Kasus: Lembaga Pendidikan Kejuruan Tamaco Education)

Oleh:
Briyan Wahyu Utomo
160103068

ABSTRAK

Lembaga pendidikan bahasa asing dewasa ini telah banyak terdapat di berbagai tempat di Indonesia. Salah satu lembaga pendidikan bahasa yang menjamur di Indonesia adalah lembaga pendidikan bahasa Korea. Hal ini dikarenakan adanya pembukaan lowongan pekerjaan ke Korea selatan. Ada tes yang menjadi salah satu persyaratan agar dapat bekerja ke Korea selatan yaitu tes skill dengan memasukkan pin ke dalam lubang-lubang yang telah disediakan dengan benar dan tepat dalam kurun waktu satu menit. Namun dalam pelaksanaanya terhambat oleh alat peraga ujian yang hanya ada satu buah, sehingga harus mengantre ketika akan berlatih, dan di sisi lain peserta didik hanya dapat berlatih di tempat pelatihan. Dalam menunjang proses latihan maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu para calon tenaga kerja, yaitu dengan membuat game simulasi mencocokkan pin. Dengan adanya aplikasi ini para calon tenaga kerja dapat berlatih dimana saja dan kapan saja.
Dalam pembuatan game ini peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia Luther Sutopo yang meliputi beberapa tahapan yang diantaranya adalah concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dan pada tahapan pengujian penulis menggunakan pengujian black box untuk menguji apakah game mampu berjalan dengan semestinya atau tidak. Peneliti menggunakan software construct 2 dalam pembuatan game.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game simulasi yang dapat digunakan para calon tenaga kerja sebagai sarana untuk latihan dalam menghadapi ujian skill yang sebenarnya. Di dalam game pemain dapat mengatur posisi papan sesuai dengan yang pemain inginkan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dinyatakan bahwa lebih dari 80% responden merasa puas dengan game ini.

Kata kunci: Pengembangan Multimedia, Game simulasi, Construct 2, android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:38
Last Modified: 06 Aug 2021 02:38
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item