Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web Di Sd Kristen Widya Wacana Pasarlegi Surakarta

NUGROHO, Andi (2019) Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web Di Sd Kristen Widya Wacana Pasarlegi Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
AndiNugroho_160202003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI RAPOR KURIKULUM 2013 BERBASIS WEB DI SD KRISTEN WIDYA WACANA PASARLEGI SURAKARTA

Oleh:

Andi Nugroho

160202003

SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi Surakarta merupakan salah satu sekolah dasar swasta di kota Surakarta yang sudah menerapkan sistem pendidikan kurikulum 2013. Sistem pendidikan kurikulum 2013 terdapat proses penilaian yang sudah diatur oleh peraturan Kemendikbud yang berlaku, sehingga dalam pembuatan rapor kurikulum 2013 dilakukan dengan sistematis. Pengolahan nilai dan pembuatan rapor yang dilakukan oleh SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi Surakarta masih terdapat masalah seperti kesalahan hasil olah nilai, waktu yang dibutuhkan lama dan penyimpanan data yang sementara. Dari beberapa masalah yang ada dapat disimpulkan perlu adanya sistem informasi pengolahan nilai rapor kurikulum 2013 berbasis web.

Sistem informasi pengolahan nilai rapor kurikulum 2013 berbasis web menggunakan metode pengembangan eXtreme Programming (XP) meliputi perencanaan, perancangan, penulisan kode sumber dan produksi. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan framework Laravel.

Penelitian ini menghasilkan sistem informasi pengolahan nilai rapor kurikulum 2013 berbasis web yang memiliki menu data pegawai, data siswa, data kelas, data tahun pendidikan, data mata pelajaran, data rombongan belajar, data nilai, cetak rapor siswa dan laporan rapor siswa. Sistem informasi memiliki empat hak akses meliputi admin, tata usaha, guru dan kepala sekolah. Hasil pengujian sistem blackbox testing, aplikasi sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil pengujian kuesioner pengguna 49,55% sangat setuju dengan sistem informasi yang dibuat sehingga layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Rapor Kurikulum 2013, eXtreme Programming, framework Laravel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:05
Last Modified: 01 Jul 2020 03:05
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item