Sistem Informasi Pengelolaan Rekam Medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo

SAPUTRI, Aisyah Ari (2019) Sistem Informasi Pengelolaan Rekam Medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
SISTEM PENGELOLAAN REKAM MEDIS DI KLINIK PRATAMA DESTARADI TAWANGSARI SUKOHARJO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
AISYAH ARI SAPUTRI
Sistem Informasi Pengelolaan Rekam Medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo
Penggunaan dan kebutuhan teknologi informasi semakin meningkat di seluruh bidang dan kehidupan dimana dalam pemanfaatannya penggunaan teknologi informasi dapat memberikan suatu informasi yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya pada bidang kesehatan yaitu klinik. Klinik Pratama Destaradi merupakan salah satu klinik di daerah Tawangsari Sukoharjo. Berdasarkan survei pendahuluan proses pengelolaan data rekam medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo masih menggunakan sistem konvensional sehingga pelayanan yang diberikan belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui alur dan prosedur pasien rawat jalan dan pengelolaan rekam medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo, membangun Sistem Informasi Pengelolaan Rekam Medis di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode pengambilan data observasi dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah petugas rekam medis, sedangkan obyek yang diteliti adalah proses pengolahan data di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo. Pedoman wawancara dan pedoman observasi merupakan instrumen dari penelitian ini, dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Metode pengembangan sistem terdapat lima tahap yaitu identifikasi, perancangan, analisis, desain dan implementasi.
Sistem Informasi Pengelolaan Rekam Medis terdiri dari proses input data pasien, dokter, obat, tindakan, diagnosa, poliklinik, pendaftaran dan pemeriksaan. Kemudian data tersebut akan diolah menggunakan Visual Basic 6.0 dan menghasilkan laporan antara lain laporan data pasien, laporan data diagnosa, laporan data tindakan, laporan data obat, laporan data pendaftaran, laporan data pemeriksaan, laporan kunjungan pasien, grafik laporan data kunjungan pasien, dan laporan kunjungan pasien per diagnosa.
Sistem informasi pengelolaan rekam medis merupakan suatu apliikasi untuk memudahkan petugas untuk melakukan pengelolaan data pasien rawat jalan, mempercepat pelayanan dan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan di Klinik Pratama Destaradi Tawangsari Sukoharjo.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Rekam Medis Klinik
Kepustakaan :11 (2003-2014)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 01 Jul 2020 07:30
Last Modified: 01 Jul 2020 07:30
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item