Game Motorik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita) Berbasis Multimedia

PANGESTI, Tisa Mareta (2019) Game Motorik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita) Berbasis Multimedia. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR TISA MARETA PANGESTI (160202020).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dari anak – anak normal pada umumnya. Secara umum anak – anak berkebutuhan khusus mengalami keterlambatan kemampuan akademik dan non akademik, keterlambatan tersebut diakibatkan karna kurang optimalnya perkembangan fungsi otak sehingga mempengaruhi perkembangan aspek lainnya seperti intelegensi, motorik, social dan emosi. Anak tuna grahita memiliki IQ diantara 20/25 – 50/55.

Sedangkan pada saat ini, media pembelajaran yang diberikan pada Anak Berkebutuhan Khusus untuk melatih gerak motorik halus masih menggunakan cara manual, yaitu dengan bantuan pensil serta kertas yang menggunakan garis titik yang membentuk sebuah objek, huruf atau gambar. Maka dengan menggunakan media pembelajaran game motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita), diharapkan dapat membantu tenaga pengajar untuk melatih gerak motorik halus para siswa berkebutuhan khusus sehingga dapat mempermudah Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita Ringan) dalam berkonsentrasi dan bergerak.

Hasil akhir dari rancangan tersebut adalah Game Motorik Halus Untuk Anak Berkebutuhan Khususu (Tuna Grahita) Berbasis Multimedia dengan menggunakan metode MDLC Diharapkan akan mempermudah para guru untuk mengajar.

Kata Kunci : Game, Motorik, MDCL, Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:10
Last Modified: 02 Jul 2020 02:10
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item