Peningkatan Sistem Keamanan Autentikasi Remote Server Pada Mikrotik Router Menggunakan Algoritma Port Knocking Di Dinas

PRADANA, Aldi Rizky (2019) Peningkatan Sistem Keamanan Autentikasi Remote Server Pada Mikrotik Router Menggunakan Algoritma Port Knocking Di Dinas. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Tugas Akhir_160204003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dinas Kesehatan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah di bidang kesehatan. Pada Dinas Kesehatan Sukoharjo menggunakan mikrotik router untuk memanajemen jaringannya. Penggunakan mikrotik router ini cukup handal dalam mengatur infrastruktur jaringan di Dinas Kesehatan Sukoharjo. Keamanan jaringan merupakan salah satu hal terpenting dalam implementasi jaringan komputer.Tidak sedikit jaringan komputer yang mengalami masalah yang disebabkan oleh kelalaian pengelola jaringan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Membiarkan sebuah port jaringan yang terbuka itu sangat berbahaya karena pada port yang terbukan tersebut akan sangat mudah diserang oleh attacker. Diperlukan peraturan atau rules untuk mengautentikasi setiap user yang masuk untuk menggunakan port-port service dari mikrotik router tersebut.

Untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan jaringan oleh para attacker, maka perlu adanya peningkatan keamanan jaringan yang akan dibangun. Dalam penelitian ini telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan keamanan jaringan komputer dengan cara menggunakan metode Port Knocking. Metode port knocking dilakukan untuk membuka akses ke port tertentu yang telah diblock oleh Firewall pada perangkat jaringan dengan cara mengirimkan paket atau koneksi tertentu. Jika koneksi yang dikirimkan oleh host tersebut sudah sesuai dengan rule knocking yang diterapkan, maka secara dinamis firewall akan memberikan akses ke port yang sudah diblock. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan juga didapatkan hasil bahwasanya Metode Port Knocking dapat diterapkan untuk mengamankan Router dari akses orang lain yang tidak berhak mengaksesnya.

Kata Kunci : Mikrotik Router, Keamanan Jaringan, Port Knocking, Autentikasi Port, Attacker.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:22
Last Modified: 03 Jul 2020 04:30
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item