Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis di Klinik Pratama Hidayah Baki Tahun 2018

MELANI, Amelia Dwi (2019) Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis di Klinik Pratama Hidayah Baki Tahun 2018. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
TA Amelia Dwi Melani (2016052).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
AMELIA DWI MELANI
Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis di Klinik Pratama Hidayah Baki Tahun 2018
Klinik Pratama Hidayah Baki dalam pelaksanaan sistem dan subsistem rekam medis masih ditemukannya kesalahan seperti penulisan nama yang tidak sesuai, misfile formulir rekam medis dan dokumen rekam medis ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan subsistem rekam medis di Klinik Pratama Hidayah Baki Tahun 2018.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatancross sectional.Subjek dari penelitian ini adalah petugas pendaftaran dan objek penelitian ini adalah sistem dan subsistem rekam medis.Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder dengan tehnik pengumpulan data observasi dan wawancara.Pengolahan data dalam penelitian ini adalah collecting, editing dan penyajian data.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwabelum adanya prosedur tetap atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur tentang sistem dan subsistem rekam medis di Klinik Pratama Hidayah Baki.Sistem dan subsistem rekam medis di Klinik Pratama Hidayah Baki sebagian belum sesuai dengan teori, seperti subsistem identifikasi, subsistem penamaan, subsistem penomoran, subsistem coding, dan indexing.
Penulis menyarankan prosedur tetap atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur tentang sistem dan subsistem rekam medis sebaiknya direvisi ulang agar sistem dan subsistem rekam medis dilakukan sesuai prosedur yang dibakukan.Pelaksanaan sistem penerimaan pasien dalam menuliskan identitas pasien sebaiknya dilakukan sesuai KTP, SIM atau identitas lainnya.Pengkodingan penyakit dan tindakan untuk pasien rawat jalan dan rawat inap sebaiknyadilakukan agar isi berkas rekam medis berkesinambungan. Pelaksanaan sistem statistik agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya.

Kata Kunci : Sistem dan Subsistem, Rekam Medis
Kepustakaan : 14 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:21
Last Modified: 02 Jul 2020 03:21
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item