Tinjauan Faktor-faktor Kelelahan Kerja Petugas Pendaftaraan di Rumah Sakit Hidayah Boyolali Tahun 2019

RAHAYU, Anisa Eka (2019) Tinjauan Faktor-faktor Kelelahan Kerja Petugas Pendaftaraan di Rumah Sakit Hidayah Boyolali Tahun 2019. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
FIKS 1-6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
ANISA EKA RAHAYU

Tinjauan Faktor-faktor Kelelahan Kerja Petugas Pendaftaraan di Rumah Sakit Hidayah Boyolali Tahun 2019

Faktor-faktor kelelahan petugas pendaftaraan berdasarkan aktivitas kerja fisik, aktivitas kerja mental, lingkungan kerja dan psikologis, berdasarkan survei pendahuluan mengalami kelelahan pada pendaftaraan karena kondisi pendaftaran masih bergabung menjadi satu, sistem pengambilan nomor antrian masih manual dan tempat pendaftaraan terbuka.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh petugas pendaftaran yang berjumlah 6 petugas. Pengolahan data collecting, editing, tabulating dan penyajian data. Analisis data yaitu analisis deskriptif.

Hasil penelitian diketahui di Rumah Sakit Hidayah Boyolali diperoleh hasil penelitian yaitu, aktifitas kerja fisik penyebab kelelahan kerja yang terjadi pada petugas pendaftaran prosentase tertinggi terletak pada kelelahan sedang 4 petugas (66,66%), aktifitas kerja mental penyebab kelelahan kerja yang terjadi pada petugas pendaftaran prosentase tertinggi terletak pada kelelahan sedang 6 petugas (100%), lingkungan kerja penyebab kelelahan kerja yang terjadi pada petugas pendaftaran prosentase tertinggi terletak pada kelelahan sedang 6 petugas (100%), psikologis penyebab kelelahan kerja yang terjadi pada petugas pendaftaran prosentase tertinggi terletak pada kelelahan sedang 6 petugas (100%).

Kesimpulan penelitian ini adalah aktifitas kerja fisik sebagian besar dipengaruhi oleh merasa mengalami tremor pada saat bekerja dan merasakan merasa beban pada mata dengan kategori sedang 66,66%. Sebaiknya petugas saling bergantian dalam melayani pasien dan memperhatikan sikap tubuh ketika bekerja. Aktifitas kerja mental dipengaruhi oleh diberi motivasi kepada atasannya dengan kategori sedang 100%. Lingkungan kerja dipengaruhi oleh ruang tempat bekerja ada suara bising sehingga terganggu bekerja dengan kategori sedang 100%. Psikologis dipengaruhi oleh petugas memerlukan kehati-hatian dalam melakukan pekerjaan dengan kategori sedang 100%.

Kata Kunci : Faktor Kelelahan Kerja, Petugas Pendaftaran
Kepustakaan : 30 (1991-2016)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:39
Last Modified: 02 Jul 2020 07:39
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item