Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Vlan Access Control List (VACL) Pada CV.Gemilang Komputer

PRATAMA, Reza Aditya (2019) Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Vlan Access Control List (VACL) Pada CV.Gemilang Komputer. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
REZA ADITYA PRATAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang saling terhubung dalam satu kesatuan dan saling bertukar informasi. Dengan adanya teknologi VLAN (Virtual Local Area Network) yang mampu menggabungkan host-host yang terpisah secara fisik (berjauhan) menjadi satu kesatuan subnetwork. Teknologi VLAN didasarkan pada koneksi logical.
Semakin bertambahnya kebutuhan dalam penggunaan jaringan, diperlukan sebuah langkah pengamanan jaringan Access Control List (ACL). ACL mampu membatasi dan memfilter terhadap paket-paket yang akan masuk atau keluar dari suatu jaringan, ataupun mengatur pola lalu lintas jaringan. Dalam penelitian ini diterapkan perancangan dengan menerapkan VLAN agar dapat dilakukan segmentasi jaringan ke subnetwork yang lebih kecil sesuai kebutuhan CV.Gemilang Komputer dan implementasi Access Control List untuk meningkatkan keamanan jaringan CV. Gemilang Komputer terhadap akses penggunaan oleh user yang tidak berhak dengan metode pengembangan NDLC (Network Development Life Cycle). Dengan penerapan VACL dihasilkan segmentasi dan konfigurasi terhadap jaringan CV.Gemilang Komputer menjadi beberapa VLAN, sesuai kebutuhan CV.Gemilang Komputer.

Kata Kunci : Jaringan, Sistem Keamanan Jaringan, VLAN, VACL

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:15
Last Modified: 03 Jul 2020 04:30
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item