Analisis Formulir Asesmen Awal Medis Pasien Rawat Jalan Medikal Bedah Berdasarkan Aspek Anatomi, Fisik, Dan Isi Di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2019

ORISSAPUTRA, Apriyanto (2019) Analisis Formulir Asesmen Awal Medis Pasien Rawat Jalan Medikal Bedah Berdasarkan Aspek Anatomi, Fisik, Dan Isi Di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2019. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Apriyanto_Orissaputra_2016008(1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK

APRIYANTO ORISSAPUTRA

Analisis Formulir Asesmen Awal Medis Pasien Rawat Jalan Medikal Bedah Berdasarkan Aspek Anatomi, Fisik, Dan Isi Di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2019

Formulir asesmen awal medis pasien rawat jalan medikal bedah di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu merupakan formulir tahap awal dari proses dimana dokter dan perawat mengevaluasi data pasien rawat jalan. Desain formulir pada aspek anatomi instruction belum terdapat perintah dalam pengisian formulir, dan pada aspek isi item dan butir data perlu diperbaiki dalam penyusunannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis formulir asesmen awal medis pasien rawat jalan medikal bedah berdasarkan aspek anatomi, fisik, dan isi di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu.
Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Objek yang diteliti adalah formulir asesmen awal medis pasien rawat jalan medikal bedah, subjek penelitian ini adalah kepala rekam. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Pengolahan data penelitian dengan cara collecting, editing, klasifikasi, penyajian data.
Hasil penelitian dari analisis formulir aspek anatomi diketahui heading, introduction, instruction, body, dan close sudah sesuai namun masih belum terdapat instruction pada beberapa hasil pemeriksaan. Aspek fisik pada bahan, bentuk, ukuran, identitas pasien, warna sudah sesuai. Aspek isi pada formulir memuat item dan butir data, singkatan, simbol, cara pemeriksaan formulir, keterangan cara pengisian sudah sesuai dengan teori namun terdapat kekurangan pada penyusunan item dan butir data, tidak terdapat terminologi data dan istilah pada formulir.
Formulir di desain ulang pada aspek anatomi bagian instruction pemeriksaan fisik dan aspek isi untuk item dan butir data dirujuk / konsul. Sebaiknya pada aspek anatomi (instruction) ditambah dan pada aspek isi (item dan butir data) dirujuk / konsul dipisah, untuk pilihan check box dihilangkan diganti kolom yang akan di isi oleh dokter dan digunakan sesuai kebutuhan pasien.

Kata Kunci : Desain formulir, formulir asesmen awal medis pasien rawat jalan medikal bedah, Aspek anatomi, fisik, dan isi.
Kepustakaan : 14 (2002-2017)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 04 Jul 2020 04:45
Last Modified: 04 Jul 2020 04:45
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item