Prediksi Kebutuhan Rak Filing Dokumen Rekam Medis Tahun 2019-2023 Untuk Menunjang Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta

PANGESTI, Ariska (2019) Prediksi Kebutuhan Rak Filing Dokumen Rekam Medis Tahun 2019-2023 Untuk Menunjang Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Tugas Akhir .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

ARISKA PANGESTI
PREDIKSI KEBUTUHAN RAK FILING DOKUMEN REKAM MEDIS TAHUN 2019-2023 UNTUK MENUNJANG PEMELIHARAAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. ARIF ZAINUDIN SURAKARTA

Kebutuhan rak filing yaitu perencanaan pengadaan kebutuhan penyimpanan dokumen rekam medis. Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta memerlukan penambahan rak filing. Berdasarkan survei awal pada tanggal 16 Januari 2019 kunjungan pasien Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta setiap harinya menyebabkan rak di ruang filing menjadi penuh. Selain itu petugas dengan bebas membawa makanan masuk ke dalam ruang filing yang dapat berakibat pada kerusakan DRM. Tujuan penelitian ini mengetahui kebutuhan rak tahun 2019-2023 dan pemeliharaan DRM.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil yaitu sebesar 13.415 dokumen sedangkan Sampel 99 DRM dengan pengambilan sampel menggunakan metode sytematic random sampling. Instrumen penelitian berupa meteran, penggaris, pedoman observasi, dan wawancara. Pengelolaan data dengan collecting, editing, tabulasi, dan penyajian data. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rak yang ada di RS sejumlah 29 rak dengan jenis rak kayu dan roll o’pack dengan ukuran rak yang berbeda. Rak A memiliki 15 sub (2 sisi), rak B 4 sub (1 sisi) rata-rata tebal DRM 1,54 cm. Kebutuhan rak filing sampai tahun 2019-2023 yaitu 9 rak. Pemeliharaan dokumen rekam medis tidak ada jadwal secara berkala, seperti penggunaan vacum cleaner digunakan apabila ada laporan dari petugas filing dan akan diadakan pemeriksaan ruangan.
Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta perlu menambahkan rak filing sesuai dengan prediksi pada tahun 2019-2023 yaitu sebanyak 9 rak. Rak yang digunakan sebaiknya roll o’pack dengan 2 sisi, karena lebih banyak menampung dokumen rekam medis. Selain pertambahan rak untuk pemeliharaan dokumen rekam medis perlu di tingkatkan lagi untuk memperlancar dalam pelayanan.

Kata Kunci : Kebutuhan rak, pemeliharaan dokumen rekam medis Kepustakaan : 20 (1994-2014)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 04 Jul 2020 04:55
Last Modified: 04 Jul 2020 04:55
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item