Rancang Bangun Jaringan Wireless Local Area Network Berbasis Mikrotik Di SD Negeri 02 Jatisobo

PRASETYO, Bayu Aji (2019) Rancang Bangun Jaringan Wireless Local Area Network Berbasis Mikrotik Di SD Negeri 02 Jatisobo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Bayu Aji Prasetyo_160204006_ D3 - Teknik Komputer.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SDN 02 Jatisobo merupakan sebuah lembaga pendidikan yang terletak di Dusun Klerong, Kelurahan Jatisobo, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar. Sekolah Dasar ini terdiri dari 6 kelas, 1 perpustakaan, kantor guru, mushola, dan kantor kepala sekolah. Pada kantor guru terdapat 3 Laptop yang tidak terkoneksi dengan internet, Tugas atau dokumen yang masuk ke dalam sekolahan sudah mulai dikirim dan diterima secara online, sedangkan di SD N 02 Jatisobo sendiri belum mempunyai akses internet yang guna mendukung berlangsungnya tukar data atau informasi untuk keluar atau masuk ke dalam sekolahan, sehingga akan menghambat berlangsungnya tukar data dan informasi untuk keluar atau masuk kedalam sekolahan yang melalui via online.
Sistem ini dirancang dengan metode pengembangan sistem NDLC (Network Development Life Cycle). Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis, sedangkan tahapan pengembangan terdiri dari desain sistem, prototyping, implementasi, monitoring dan manajemen.
Penelitian ini menghasilkan perancangan dan manajemen dengan menggunakan mikrotik yang dapat mengelola jaringan di SD N 02 Jatisobo. Hasil Pengujian berupa monitoring berupa dapat berjalannya program on/off yang digunakan untuk mematikan dan menghidupkan akses internet.

Kata Kunci : NDLC(Network Development Life Cycle), Mikrotik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Jul 2020 01:58
Last Modified: 06 Jul 2020 01:58
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item