Tinjauan Manajemen Informasi Rekam Medis Berdasarkan Akreditasi Puskesmas Standar 8.4 Di UPT Puskesmas Kratonan Kota Surakarta Tahun 2019

NANDA, Arlita Diasika (2019) Tinjauan Manajemen Informasi Rekam Medis Berdasarkan Akreditasi Puskesmas Standar 8.4 Di UPT Puskesmas Kratonan Kota Surakarta Tahun 2019. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR ARLITA DIASIKA N.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
ARLITA DIASIKA NANDA

Tinjauan Manajemen Informasi Rekam Medis Berdasarkan Akreditasi Puskesmas Standar 8.4 Di UPT Puskesmas Kratonan Kota Surakarta Tahun 2019

UPT Puskesmas Kratonan Kota Surakarta merupakan puskesmas induk yang didirikan di Kelurahan Kratonan dan mempunyai 3 wilayah kerja. Berdasarkan survey awal manajemen informasi rekam medis mengalami permasalahan di bagian penyimpanan dokumen rekam medis yaitu petugas kesulitan menemukan rekam medis pasien tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Informsi Rekam Medis Berdasarkan Akreditasi Puskesmas Standar 8.4 di UPT Puskesmas Kratonan Kota Surakar Tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan retrospektif, dengan subjek koordinator rekam medis, perawat dan petugas rekam medis, dengan objek manajemen informasi rekam medis standar 8.4, pengolahan data collecting, editing, tabulasi dan kemudian di analisis secara deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan terhadap empat standar kriteria yaitu standar kriteria 8.4.1, 8.4.2, 8.4.3 dan 8.4.4. Hasil analisis dari Standar Kriteria 8.4.1 yaitu 1) Pengkodean penyakit dan tindakan menggunakan ICD 10 dan ICD-9-CM, 2) Kode klasifikasi yang disusun puskesmas yaitu 20 besar penyakit 3) singkatan yang digunakan baik di poliklinik maupun farmasi diseragamkan dengan standar lokal. Hasil analiisis dari Standar Kriteria 8.4.2 yaitu 1) Ditetapkan prosedur tentang akses informasi medis 2) Akses informasi medis dilaksanakan sesuai tugas dan tanggungjawab 3) Akses petugas belum dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku 4) Hak untuk mengakses informasi medis tidak mempertimbangkan kerahasiaan dan keamanan. Hasil analisis dari Standar Kriteria 8.4.3 yaitu 1) Sistem penamaan pasien sesuai KTP/SIM/identitas lain 2) Sistem penomoran menggunakan Unit Numbering System, sistem penjajaran menggunakan Straight Numerical Filing, sistem penyimpanan sentralisasi, 3) Retensi dilakukan dua tahun dari kunjungan terakhir. Hasil analisis dari Standar Kriteria 8.4.4 yaitu 1) Isi rekam medis rawat jalan adalah identitas pasien, jam tanggal, anamnesa, pemeriksaan fisik dan penunjang, diagnosa, terapi tindak lanjut dan paraf. 2) Tidak dilakukan tindak lanjut mengenai kelengkapan dan ketepatan isi rekam medis 3) Sudah ditetapkan prosedur tentang kerahasiaan rekam medis.
Penulis menyarankan sebaiknya pengkodean dilakukan dengan membuka ICD, dalam mengakses rekam medis dicatat pada buku register, pendistribusian rekam medis pada sore hari dilakukan oleh petugas, untuk penulisan status pasien dikonsistensikan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemanggilan pasien.
Kata kunci : Manajemen Informasi Rekam Medis Standar Kriteria 8.4.1,
Standar Kriteria 8.4.2. Standar Kriteria 8.4.3, Standar Kriteria 8.4.4
Kepustakaan : 20 (2006-2014)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:00
Last Modified: 09 Jul 2020 02:55
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item