Tinjauan Karakteristik Pasien Rawat Inap dengan Diagnosa Gastroenteristis di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen Tahun 2018

PUTRI, Arnisa Refiana (2019) Tinjauan Karakteristik Pasien Rawat Inap dengan Diagnosa Gastroenteristis di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen Tahun 2018. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
TINJAUAN KARAKTERISTIK PASIEN RAWAT INAP DENGAN DIAGNOSA GASTROENTERITIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

ARNISA REFIANA PUTRI

Tinjauan Karakteristik Pasien Rawat Inap dengan Diagnosa Gastroenteristis di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen Tahun 2018

Manfaat dari karakteristik adalah sebagai bahan evaluasi dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit. Berdasarkan survei awal Gastroenteritis merupakan penyakit yang menempati urutan ke-3 dari 10 besar penyakit rawat inap . Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik pasien rawat inap dengan diagnosa Gastroenteritis di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen tahun 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan telaah dokumen. Populasi penelitian ini adalah 482 dokumen, menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin tertinggi adalah laki-laki yaitu 249 pasien (51.66%), kelompok umur yang tertinggi adalah 0-5 tahun yaitu 156 pasien (32.37%), pendidikan yang tertinggi adalah SD yaitu 175 pasien (36,31%), pekerjaan yang tertinggi adalah yang belum/ tidak bekerja yaitu 161 pasien (33,40%), status pernikahan yang tertinggi adalah yang belum/ tidak menikah yaitu 251 pasien (52,08%), wilayah yang tertinggi adalah pasien yang bertempat tinggal di Sragen yaitu 405 pasien (84,02%).
Kesimpulan berdasarkan jenis kelamin tertinggi adalah laki-laki, kelompok umur tertinggi adalah 0-5 tahun, pendidikan tertinggi adalah yang belum/tidak bekerja, status pernikahan tertinggi adalah yang belum/tidak menikah, wilayah tertinggi adalah Sragen. Rumah sakit sebaiknya perlu meningkatkan pelayanan kesehatan seperti sosialisai tentang bagaimana cara mencegah datangnya penyakit dan juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih mengetahui bagaimana cara menerapkan hidup sehat.

Kata Kunci : Karakteristik, Gastroenteritis, Pasien Rawat Inap
Kepustakaan : 26 (2006 – 2017)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:13
Last Modified: 06 Jul 2020 03:13
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item