PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BERBASIS WEB DI TOKO MALDIVES BETENG TRADE CENTER SOLO

RAMANDANI, PANTES NISA (2022) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BERBASIS WEB DI TOKO MALDIVES BETENG TRADE CENTER SOLO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi inti bisnis
untuk mengidentifikasi, mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Dengan
strategi ini dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada Toko Maldives
yaitu untuk mempertahankan pelanggannya. Strategi ini memiliki beberapa tipe
dan tipe yang dapat digunakan dalam penelitian yaitu Operasional CRM yang
berfokus pada otomatisasi bagaimana perusahaan berhubungan dengan
pelanggannya. Dengan adanya implementasi CRM ini diharapkan dapat
membawa UMKM untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya seperti fitur
chat online dan fitur komplain. Sehingga pelayanan pemesanan akan berbasis
komputer dan pengolahan data nya akan terintegrasi. E-CRM adalah teknologi
untuk pelanggan sehingga pelanggan tidak perlu bertemu langsung dengan
perusahaan untuk berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Membangun
sebuah Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis
web untuk meningkatkan pelayanan di toko Maldives Beteng Trade Center Solo.
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Tahapan
analisis sitem ini akan menghasilkan dokumen user recruitment atau bisa
dikatakan sebagai data yang berhubungan dengan keinginan user dalam
pembuatan sistem dan analisis kelemahan sistem yang digunakan adalah PIECES.
Rancangan kerja sistem menggunakan DFD dan flowchart. Bahasa pemrograman
menggunakan PHP dan database MySQL. Metode testing menggunakan black
box dan pengujian beta serta maintenance yang menyesuaiakan dengan pengguna.
Hasil dari penelitiaan ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menjalin
hubungan dengan pelanggan melalui via chat langsung dengan admin serta fitur
yang dapat mencatat komplain kritik dan saran. Penelitian ini telah dilalukan
metode pengujian blackbox dimana pengujian ini mengajukan beberapa
pertanyaan kepada responden dimana pertanyaan sebanyak 7 serta responden
sebanyak 10 user sehingga diperoleh hasil aplikasi telah layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Customer Relationship Management (CRM), Web, UMKM, Waterfall, PIECES, PHP, dan MySQL
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:57
Last Modified: 18 Jul 2022 02:57
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item
View Item