Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Berdasarkan Cara Pembayaran di Rumah Sakit Umum Waras Wiris Boyolali Tahun 2018

SILAWATI, Desvia Cindy (2019) Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Berdasarkan Cara Pembayaran di Rumah Sakit Umum Waras Wiris Boyolali Tahun 2018. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
TA_MMIK_DESVIA CINDY S_2019.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

DESVIA CINDY SILAWATI
Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Berdasarkan Cara Pembayaran di Rumah Sakit Umum Waras Wiris Boyolali Tahun 2018

Kekonsistensian dan lengkap pada dokumen rekam medis sangat penting guna memberikan informasi medis pasien yang konsisten dan lengkap misalnya sebagai pembiayaan di Rumah Sakit secara umum dan dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berdasarkan survei pendahuluan 10 dokumen rekam medis pasien rawat inap Umum dan JKN menghasilkan 5 dokumen pasien umum 0 (0%) konsisten dan lengkap 5 (100%) tidak konsisten dan tidak lengkap untuk 5 dokumen JKN 6 (60%) konsisten dan lengkap 4 (40%) tidak konsisten dan tidak lengkap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas dokumen rekam medis pasien rawat inap berdasarkan cara pembayaran di Rumah Sakit Umum Waras Wiris Boyolali tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospective. Tekhnik sampel disproportionate stratified random sampling sebanyak 100 dokumen rekam medis pasien Umum dan JKN. Instrumen penelitian ini berupa checklist, pedoman observasi, dan wawancara. Pengolahan data dengan collecting, editing, dan penyajian data. Analisis di lakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian diketahui dokumen rekam medis pasien rawat inap umum sebanyak 11 (22%) konsisten dan lengkap, 50 dokumen rekam medis pasien rawat inap JKN sebanyak 33 (66%) konsisten dan lengkap. Pada review kelengkapan dan konsistensi diagnosis konsisten 83 (83%) dokumen yang konsisten, review konsistensi pencatatan diagnosis konsisten sebanyak 88 (88%), review pencatatan hal hal yang dilakukan saat perawatan dan pengobatan konsisten 95 (95%) dokumen, review adanya informed concent konsisten sebanyak 55 (55%) dokumen, review cara atau praktik pencatatan konsisten sebanyak 96 (96%), review hal hal yang berpotensi menyebabkan tuntutan ganti rugi konsisten dan lengkap sebanyak 96 (96%) dokumen rekam medis.
Penulis menyarankan sebaiknya terdapat SOP yang mengatur tentang analisis kualitatif. Sebaiknya dalam tindakan terdapat formulir informed concent yang diisi secara lengkap dan konsisten dan lengkap dalam penulisan di setiap formulir ditingkatkan khususnya pada pasien dengan cara pembayaran umum.

Kata Kunci : Kekonsistensian, Dokumen, Pembayaran, Umum, JKN
Kepustakaan : 13 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:06
Last Modified: 07 Jul 2020 07:06
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item