Implementasi Game Edukasi Membandingkan Ciri Khusus Hewan Berbasis Mobile di SDII Al Abidin

ALAMSYAH, ALFANDI RESTU (2022) Implementasi Game Edukasi Membandingkan Ciri Khusus Hewan Berbasis Mobile di SDII Al Abidin. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses mengembangkan dan interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
siswa didalam kelas masih mengalami hambatan dalam proses komunikasi antara
siswa dan guru karena variasi dalam pengajaran serta jarangnya penggunaan alat
bantu/media pembelajaran yang dapat memperjelas gambaran siswa tentang materi
yang dipelajari. Maka perlu mengembangkan materi membandingkan dan ciri
khusus hewan menggunakan suatu media yang lebih interaktif dan banyak animasi
yang dapat menarik minat belajar siswa. Game edukasi menjadi salah satu pilihan
permainan yang dapat menjangkau semua umur dan cenderung memiliki dampak
positif untuk permasalahan tersebut. Game edukasi dalam membandingkan dan ciri
khusus digunakan sebagai salah satu cara untuk menambah daya tarik permainan
dikalangan masyarakat Indonesia terutama bagi anak-anak dalam pendidikan.
Metode yang digunakan adalah MLDC (Multimedia Development Life
Cycle). Sampel dalam penelitian ini adalah materi yang terdapat pada modul
pembelajaran siswa kelas 2 SD. Pembuatan aplikasi edugame menggunakan
aplikasi Unity 3D. Teknik pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa tahap
pembuatan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian,
dan distribusi.
Hasil dari pengujian aplikasi Edugames Membandingkan dan Ciri Khusus
Hewan secara keseluruhan berjalan sesuai dengan ketentuan alur yang telah
diberikan oleh penulis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: edugames, pembelajaran, edukasi, efektifitas belajar siswa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:29
Last Modified: 18 Jul 2022 06:29
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item
View Item