Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis Rawat Jalan di Dokter Praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali

PRIHATININGSIH, Diyah (2019) Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis Rawat Jalan di Dokter Praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
ALHAMDULILLAH ACC TA-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
DIYAH PRIHATININGSIH
Tinjauan Pelaksanaan Sistem dan Subsistem Rekam Medis Rawat Jalan di Dokter Praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali

Dokter Praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali merupakan salah satu tempat dokter praktik spesialis gigi yang ada di Boyolali. Pelaksanaan sistem dan subsistem dokumen rekam medis rawat jalan yang dilakukan di dokter praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali masih ditemukan misfile, petugas kesulitan menemukan dokumen rekam medis pasien dan ditemukannya dokumen rekam medis ganda. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan sistem dan subsistem rekam medis rawat jalan di dokter praktik drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan cross sectional. Subjek pada penelitian ini yaitu petugas. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara dan observasi. Pengolahan data dengan collecting, editing dan penyajian data. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian sistem penerimaan pasien rawat jalan pendaftaran dibuka 2 hari sebelum pasien berobat. Subsistem identifikasi dilakukan dengan cara wawancara dengan pasien. Subsistem Regitrasi petugas menuliskah hasil identifikasi pada buku register pasien. Subsistem Penamaan ditulis berdasarkan wawancara sesuai yang diucapkan pasien tanpa ditambahakan status pasien. Subsistem Penomoran belum diterapkan. Pada sistem pengolahan berkas rekam medis dimulai dari pendaftaran yaitu menyiapkan berkas rekam medis, untuk pembuatan berkas rekam medis dilakukan oleh dokter. Subsistem assembling dilakukan oleh petugas pendaftaran yaitu melengkapi dan mengurutkan berkas rekam medis. Subsistem pengkodean dilakukan oleh perawat sesuai dengan ICD 10 dan ICD 9CM setelah selesai pelayanan. Subsistem indexing belum dilakukan. Subsistem penyimpanan dengan alpabetic dan kronologis. Subsistem retensi dan pemusnahan belum pernah dilakukan. Pada sistem ststistik sensus harian belum dilakukan sensus harian. Pelaporan ditujukan untuk pihak BPJS setiap satu bulan sekali. Surat keterangan medis berupa surat non pengadilan berupa kepentingan asuransi dan surat keterangan sakit.
Pelaksanaan sistem dan subsistem rekam medis di Dokter Praktik Drg. Nuni Grohowati Widyaningrum Pengging Banyudono Boyolaliperlu ditingkatkan, segera membuat protap atau SOP.

Kata kunci : sistem dan subsistem rekam medis
Kepustakaan : 12 (2006-2018)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:19
Last Modified: 08 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item