APRIYANI, DWI (2022) APLIKASI PENGUNDIAN KAS ARISAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BERBASIS MOBILE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Abstract
Arisan adalah salah satu bagian dari kegiatan sekelompok masyarakat untuk
mengisi waktu luang dan bersenang-senang dan diadakan sesuai kesepakatan
kelompok.
Kegiatan arisan biasanya disertai dengan kegiatan lain dalam suasana
kebersamaan.
Dalam arisan terdapat kegiatan menyetor uang ke bendahara dan
bagian bendahara mencatatnya di buku kas arisan. Setelah pencatatan selesai,
terdapat acara atau kegiatan pengundian arisan. Pengundian arisan dilakukan secara
acak dan bertujuan untuk mengetahui pemenang atau siapa nama anggota yang akan
mendapat kas arisan. Permasalahan yang timbul dengan sistem manual ini
menyebabkan banyak kertas dan sedotan plastik yang terpakai. Kemudian
memerlukan banyak waktu ketika menuliskan nama di kertas dan memasukkan
kertas ke dalam sedotan. Maka dibuatlah sebuah aplikasi untuk mengurangi
pemakaian kertas dan sedotan sehingga dapat membantu selamatkan lingkungan
dan mempersingkat waktu dalam hal pengundian. dengan adanya aplikasi ini, dapat
mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatan pengundian yang dapat
diakses melalui aplikasi berbasis mobile. Algoritma Fisher-Yates Shuffle adalah
sebuah algoritma untuk menghasilkan suatu permutasi acak dari suatu himpunan
terhingga, hasil dari pengacakan algoritma ini memiliki tingkat probabilitas yang
sama. Data yang diperlukan penulis selama penelitian, diperoleh dengan beberapa
metode, antara lain: wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan metode PIECES dan digambarkan dengan menggunakan
metode UML (Unified Modelling Language) kemudian dikembangkan dengan
metode Waterfall. Dalam aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam melakukan
undian mempercepat proses undian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Fisher-Yates Shuffle, Arisan, Mobile, Undian. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:17 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/855 |