APLIKASI INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING AIR PELANGGAN BP SEMAR TIRTA AGUNG BOYOLALI BERBASIS MULTIPLATFORM

GUMILANG, GANDHI (2022) APLIKASI INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING AIR PELANGGAN BP SEMAR TIRTA AGUNG BOYOLALI BERBASIS MULTIPLATFORM. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Badan Pengelolan Sumber Air Bersih Tirta Agung yang selanjutnya disebut BP
SEMAR Tirta Agung adalah Badan Usaha Milik Desa kemiri yang menyelenggarakan
pengelolaan di bidang pelayanan air bersih. Banyaknya pelanggan dan semakin
bertambahnya pelanggan, BP SEMAR Tirta Agung pun harus memberikan pelayanan
yang optimal. Kenyataannya, Informasi mengenai pemakaian air ,penyampaian
keluhan, pencatatan jumlah meteran air oleh petugas lapangan, waktu tempo
pembayaran tagihan yang tidak tepat waktu, informasi pemberitahuan dari BP SEMAR
Tirta Agung belum dapat diakses secara efisien waktu dan tempat. Dengan adanya
Sistem informasi tagihan maupun keluhan berbasis multiplatform dapat memberikan
informasi dan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, yaitu
analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan(maintenance). Perancangan
dalam penelitian ini meliputi, perancangan basis data, perancangan antarmuka, dan
perancangan keluaran. Pengujian system dalam penelitian ini menggunakan pengujian
blackbox.
Aplikasi ini memiliki tiga hak akses yaitu administrator ,petugas lapangan dan
pelanggan. Implementasi program pada hak akses administrator memiliki fitur
melakukan tambah data pemakaian air, transaksi pembayaran, pelanggan, layanan air,
user, info dan laporan semua data masuk. hak akses petugas lapangan memiliki fitur
data pemakain air, transaksi pembayaran dan laporan data keluhan serta informasi.
Sedangkan hak akses pelanggan mempunyai fitur laporan data pembayaran dan data
keluhan.Data menunjukan 70% atau 7 dari 10 responden hasil pengujian user setuju
aplikasi mudah digunakan. Akan tetapi, pada prosesnya masih memungkinkan untuk
terjadi kesalahan. Secara fungsional maupun penggunaan sistem yang telah dibangun
sudah dapat menghasilkan keluaran yang diharapkan dan dapat memenuhi kebutuhan
yang diharapkan user.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: aplikasi informasi pembayaran berbasis multiplatfrom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:22
Last Modified: 20 Jul 2022 03:22
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item
View Item