PEMBUATAN GAME EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI SD N SUGIHAN 3

KURNIAWAN, IRFAN (2022) PEMBUATAN GAME EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI SD N SUGIHAN 3. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Pada era pandemi Covid-19 saat ini, SD N Sugihan 3 memberlakukan
pembelajaran secara blended (Daring dan Luring). Tetapi siswa lebih banyak
menghabiskan belajar secara daring atau dari rumah. Kebijakan ini diambil karena
para guru khawatir jika nanti siswa nya terinfeksi virus Covid-19. Maka dari itu
untuk membantu mencegah menularan virus covid-19 dan melakukan sosialisasi
serta pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan kepada para siswa maka
dari itu penulis memiliki gagasan untuk merancang dan membangun game edukasi
penerapan protokol kesehatan.

Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah dengan
menggunakan metode Agile. Alat perancangan yang di gunakan dalam pembuatan
aplikasi ini adalah perancangan struktur navigasi , perancangan dengan diagram
transisi dan perancangan interface. Untuk membangun game ini menggunakan
construct 2 dan di build menggunakan cordova CLI.

Berdasarkan hasil dari pengujian game edukasi protokol kesehatan covid-19 di
SD N Sugihan 3 menggunakan metode black-box dapat di ketahui bahwa game
edukasi yang di buat sudah berjalan dengan baik. Sedangkan pengujian yang di
lakukan dengan perbandingan rata-rata dapat di ketahui bahwa game ini dapat
menambah pemahaman siswa mengenai virus covid-19. Dan berdasarkan hasil
pengujian yang dilakukan dengan kuisioner kepada 25 siswa dapat di tarik
kesimpulan bahwa game ini layak di jadikan sebagai media edukasi protokol
kesehatan covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci—Game, Edukasi, Protokol Kesehatan, Covid-19
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:24
Last Modified: 22 Jul 2022 02:24
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item
View Item