Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Pada Kasus Diabetes Mellitus Di Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2018

NISA’, Fara Diba Hayu (2019) Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Pada Kasus Diabetes Mellitus Di Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2018. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
BAB I-VI FARA DIBA H.N (2016248).docx - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
FARA DIBA HAYU NISA’
Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Pada Kasus Diabetes Mellitus Di Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2018
Kualitas pelayanan rekam medis yang optimal dapat dilihat dari kelengkapan berkas rekam medis yang isinya dapat dipertanggungjawabkan. Kelengkapan atau kualitas dokumen rekam medis sangat penting digunakan untuk meningkatkan mutu rumah sakit. Menurut survei pendahluan, dilakukan anlisis kualitatif dokumen rekam medis rawat inap kasus Diabetes Mellitus sebanyak 10 dokumen, keseluruhan dokumen yang diteliti tidak konsisten dan tidak lengkap, maka penulis tertarik untuk melakukan Analisis Kualitatif Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Pada Kasus Diabetes Mellitus Di Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2018 bertujuan untuk mengetahui konsistesi pengisian dokumen rekam medis rawat inap kasus Diabetes Mellitus.
Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan Retrospective dengan metode observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1821 dokumen dan sampel sebanyak 100 dokumen rekam medis. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan alat bantu checklist, pedoman wawancara dan pedoman observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Rumah Sakit Islam Klaten tahun 2018 yaitu review kelengkapan dan kekonsistensian diagnosa sebesar 21 dokumen (21%) tidak konsisten dan tidak lengkap. Review kekonsistensian pencatatan diagnosa sebesar 0 dokumen (0%) konsisten dan lengkap. Review hal-hal yang dilakukan saat perawatan dan pengobatan sebesar 3 dokumen (3%) tidak konsisten dan tidak lengkap. Review informed consent sebesar 29 dokumen (29%) tidak konsisten dan tidak lengkap. Review praktik pencatatan sebesar 27 dokumen (27%) tidak konsisten dan tidak lengkap. Review hal-hal yang berpotensi menyebabkan tutntutan ganti rugi sebesar 46 dokumen (46%) tidak lengkap dan tidak konsisten.
Sebaiknya petugas medis meningkatkan pemahaman terkait dengan pengisian dokumen rekam medis dan petugas medis yang bertanggungjawab dalam pengisian dokumen rekam medis lebih teliti.
Kata kunci :Analisis Kualitatif, Dokumen, Diabetes Mellitus, Review
Kepustakaan : 14 (2006-2016)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:18
Last Modified: 09 Jul 2020 04:18
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item