Monitoring Trafik Data Pada Jaringan Mikrotik Berbasis Telegram Di SD N 02 Jatisobo

RAHMATULLAH, Nanda Dwi Giri (2019) Monitoring Trafik Data Pada Jaringan Mikrotik Berbasis Telegram Di SD N 02 Jatisobo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 02 Jatisobo merupakan sebuah lembaga pendidikan yang letaknya di sebuah dusun yang berada dalam wilayah Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Sekolah Dasar ini terdiri dari 6 kelas, 1 perpustakaan, kantor guru, mushola, dan kantor kepala sekolah. Dikantor guru ini terdapat beberapa Laptop, dengan sebuah router dan akses point untuk memancarkan jaringannya. walaupun sudah terkoneksi internet namun belum ada seorang teknisinya di sana, sehingga diperlukan monitoring jaringannya untuk pengecekan trafik jaringan. Permasalahan pada jaringannya sering menjadi kendala disaat para guru sedang melakukan pekerjaan. Agar tidak menghambat berlangsungnya komunikasi data melalui online, dan membuat kerja komputer yang berada di kantor menjadi kurang efisien dan optimal secara penggunaannya.
Sistem ini dirancang dengan menggunakan metodologi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literature dan observasi. Penelitian ini menghasilkan monitoring trafik data jaringan dengan telegram yang dapat mengirimkan pesan untuk memantau koneksi jaringannya di SD N 02 Jatisobo.
Hasil dari monitoring adalah mempermudah admin dan yang lain dalam mengecek koneksi pada SDN 02 Jatisobo pada saat jaringan sedaang down ataupun up. Dengan mudah selalu terpantau oleh bot telegram, pengujian menunjukan bahwa monitoring jaringan berbasis telegram menunjukkan dan memberikan informasi yang akurat tentang koneksi jaringan kepada administrator di SD N 02 jatisobo. Ketika koneksi sedang tidak stabil atau saat jaringan sedang stabil telegram dapat mengirimkan pesan down dan up melalui bot telegram secara langsung.

Kata Kunci : Bot Telegram, Trafik Data, monitoring, jaringan internet, Bot Telegram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:20
Last Modified: 15 Jul 2020 02:20
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item