Sistem Informasi Penjualan Peralatan Listrik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode CRM di CV Dropboks Solo

PRASETYO, ILHAM BIBIT (2022) Sistem Informasi Penjualan Peralatan Listrik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode CRM di CV Dropboks Solo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

CV Dropboks merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor
peralatan listrik yang beralamat di Jl. RE Martadinata NO. 94, Sudiroprajan, Kec.
Jebres, Kota Surakarta. CV Dropboks sebagai salah satu perusahaan distributor
yang memiliki sejumlah pelanggan yang cukup banyak, mendapati kendala dalam
hal tidak optimalnya layanan pemasaran dan transaksi perusahaan karena program
yang berjalan hanya dapat diakses oleh internal yaitu admin. Dalam proses
bisnisnya sales melakukan kunjungan langsung ke toko-toko, bila ada toko yang
order maka sales memberikan form data customer dan mencatat pesanan/orderan
lalu, menginformasikan dengan admin di kantor CV Dropboks.
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatus Sistem Informasi
Penjualan Peralatan Listrik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dengan
Metode CRM di CV Dropboks Solo. Dengan adanya sistem tersebut
pelannggan dapat memesan barang secara online, pelanggan dapat melihat
gambar produk yang di tawarkan serta detail keterangan produk. Pada penelitian
ini sistem dibangun dengan menggunakan metode pengembangan waterfall,
kemudian analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES, sedangkan metode
permodelan data menggunakan UML serta penggambaran alur sistem yang
berjalan menggunakan workflow dengan Use Case Diagram, Activity Diagram
dan Class Diagram. Sistem diuji dengan menggunakan metode UAT (User
Acceptance User) , bahasa pemrograman PHP MySQL.
Hasil pengujian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa untuk STS =
0%, TS = 6 %, CS = 20 %, S = 40%, SS = 34% yang di peroleh dari perhitungan
respon di bagi jumlah respon di kalikan 100%. Jadi jika dilihat dari hasil
pengujian aplikasi, maka di dapatkan 40% responden setuju serta 34% sangat
setuju atau sama dengan 74% menyetujui, sehingga dapat disimpulkan bahwa
sistem informasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang diharapkan mampu
membantu mengatasi permasalahan dan kendala CV Dropboks Solo dalam
melakukan pengelolaan data, pengelolaan pemesanan, dan pengelolaan
pembayaran serta dalam membuat laporan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : CRM, UAT (User Acceptance User), PHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:24
Last Modified: 25 Jul 2022 02:24
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item
View Item