PENGEMBANGAN APLIKASI TOUR GUIDE MUSEUM KARBOL AKADEMI ANGKATAN UDARA PADA PLATFORM ANDROID

BILAH, CHIVA OLIVIA (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI TOUR GUIDE MUSEUM KARBOL AKADEMI ANGKATAN UDARA PADA PLATFORM ANDROID. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (603kB)

Abstract

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor di Indonesia yang berdampak paling parah akibat virus corona. Namun demikian, pemulihan ekonomi pada pariwisata menjadi bagian yang diprioritaskan. Salah satu tujuan wisata di Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya objek destinasi wisata yang dapat dipilih, salah satunya adalah objek wisata sejarah yang ada di kabupaten Sleman yaitu Museum Karbol AAU. Namun, fasilitas yang ada kurang lengkap untuk memudahkan dan memandu pengunjung menjelajahi museum, serta informasi yang diberikan terbatas. Sehingga, adanya aplikasi mobile jelajah Museum Karbol berbasis Android sebagai media informasi wisatawan dalam memandu menjelajahi museum dan membantu memberikan informasi pada masyarakat untuk mengetahui koleksi yang ada di museum agar tertarik untuk datang ke Museum Karbol AAU. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan proses pengembangan perangkat lunak model waterfall dalam penelitian dan pengembangan, yang meliputi fase komunikasi, perencanaan, pemodelan, kontruksi, dan deployment. Sumber dan subjek data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif Museum AAU Carbol menggunakan metode angket/kuesioner dari pengunjung dan masyarakat, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki hasil yaitu aplikasi jelajah Museum Karbol AAU yang dapat memenuhi kebutuhan sebagai media informasi sehingga pengunjung lebih mudah untuk menjelajahi museum dan menemukan koleksi Museum Karbol AAU. Hasil pengujian aplikasi sebagai media informasi memenuhi persyaratan kualitas software ISO 25010 terutama pada karakteristik usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi memenuhi standar kualitas perangkat lunak ISO 25010 sebesar 85,02% (sangat baik) untuk kegunaan dan 100% (sangat baik) untuk kualitas pengujian materi informasi Museum Karbol AAU.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jelajah,Museum,Aplikasi,Android,Usability
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:43
Last Modified: 28 Jul 2022 01:43
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item
View Item