RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

PUTRA, REZA MAR HENDRA (2022) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan guru hanya dapat memberikan materi secara ringkas dalam mengajar, itu terbilang cukup sedikit dalam penyampaian materinya dan siswa diberi tugas tanpa dijelaskan materi pembelajaran oleh guru secara langsung. Pendidikan Sekolah Dasar atau SD pasti mempelajari mata pelajaran muatan lokal atau mulok yang berisi tentang budaya daerah. Pendidikan mengenai budaya daerah sebagian besar hanya diberikan di sekolah dengan porsi yang sedikit. Kebanyakan guru hanya menggunakan buku sebagai panduan dan menjelaskan secara ringkas. Waktu dalam pembelajarannya juga lebih sedikit dari mata pelajaran yang lain. Sehingga para siswa merasa jenuh serta para siswa kurang memahami pendidikan yang disampaikan oleh guru dan menimbulkan kurangnya minat belajar bagi mereka. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang lebih efektif.
Tujuan dalam penelitian ini membangun sebuah game edukasi untuk pengenalan Budaya Jawa. Pembuatan game edukasi ini menggunakan construct 2, yaitu aplikasi khusus yang dirancang untuk pembuatan game. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Nantinya aplikasi game edukasi ini berbasis android yang dapat dijalankan melalui smartphone.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan di SDN 1 Bentangan, Wonosari aplikasi ini dapat membantu pembelajaran mengenai pengenalan Budaya Jawa, yaitu wayang dan gamelan, dengan perolehan persentase pendapat rata-rata 95% Sangat Setuju mengenai pembuatan aplikasi game edukasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran, Budaya Jawa, Wayang, Gamelan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:22
Last Modified: 21 Sep 2022 02:22
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item
View Item