SILVIANA, NITA (2022) Game Edukasi Membaca dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia 6 Tahun Menggunakan Metode MDLC. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Abstract
ABSTRAK
GAME EDUKASI BERHITUNG TINGKAT PERMULAAN BAGI ANAK USIA 6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE MDLC
Oleh :
Nita Silviana
180103113
Berhitung merupakan dasar dari pengetahuan matematika yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti berbelanja, memperkirakan jarak dan waktu dalam perjalanan. Lutfiya Cahyani (2020) dalam bukunya tertulis bahwa penting untuk menanamkan gagasan bahwa angka matematika itu menyenangkan, ditanamkan pada anak sejak dini agar ketika dewasa gagasan tersebut tertanam dalam alam bawah sadar mereka. Kemudian dijumpai pada TK 02 Karanglo, Karanganyar bahwa minat belajar anak dengan pendidikan terutama berhitung dirasa kurang berdasarkan beberapa faktor dari dalam diri anak maupun lingkungan sekitar. Serta dijumpai bunda-bunda TK kesulitan dalam menemukan metode pembelajaran baru sehingga menggunakan cara lama yang membuat anak merasa jenuh. Sehingga dihadirkanlah aplikasi game yang bersifat edukasi agar anak dapat belajar sambil bermain serta sebagai bahan ajar baru bagi bunda-bunda TK dalam memberikan pelajaran terkait berhitung.
Penelitian ini dilakukan dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan tahapan pembuatan konsep berdasarkan data yang diperoleh secara langsung maupun data dari studi pustaka terkait. Kemudian dilanjutkan dengan merancang storyline hingga perancangan storyboard, dilanjutkan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi. Bahah yang telah terkumpul kemudian dipadukan menjadi aplikasi game menggunakan software Constract 2.
Aplikasi game tersebut kemudian diuji oleh pengembang dan diuji oleh pengguna. Pengujian oleh pengembang diperoleh hasil sistem berjalan sesuai harapan. Kemudian pengujian oleh pengguna yaitu bunda-bunda TK dengan target sistem untuk anak usia 6 tahun diperoleh hasil aplikasi game layak digunakan untuk anak, mudah dipahami dan membantu dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Berhitung, MDLC, Construct 2 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:19 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:19 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1078 |