Implementasi Sistem Informasi Kearsipan dan Tracking Surat Mausk dan Surat Keluar Berbasis Web Dengan Layanan API untuk Fitur Notifikasi Melalui Email di Kantor Kecamatan Sukoharjo

NURVINDA, CLAREZA TYA (2022) Implementasi Sistem Informasi Kearsipan dan Tracking Surat Mausk dan Surat Keluar Berbasis Web Dengan Layanan API untuk Fitur Notifikasi Melalui Email di Kantor Kecamatan Sukoharjo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Proses pengelolaan arsip surat pada kantor kecamatan sukoharjo masih menggunakan buku agenda untuk mencatat data surat, baik proses pengelolaan surat masuk, surat keluar serta proses disposisinya. Pengelolaan arsip secara manual ini mengakibatkan penumpukkan berkas berupa buku maupun kertas. Hal ini berhubungan dengan keamanan dan penyimpanan surat, karena sangat memungkinkan terjadinya kehilangan atau kerusakan berkas apabila disimpan terlalu lama, serta sulitnya dalam pembuatan laporan arsip data surat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat website sistem informasi kearsipan sesuai dengan sistem yang berjalan disana.
Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pustaka. Sedangkan metode kedua merupakan pengembangan sistem dengan menggunakan waterfall yang terdapat analisis kebutuhan menggunakan analisis pieces, serta terdapat use case diagram, activity diagram, class diagram, dan yang terakhir adalah pengujian sistem dengan menggunakan metode black box.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem yang berjalan menggunakan website untuk mencatat, mengelola, dan menyimpan arsip data surat, tracking status surat, serta melakukan disposisi. Penggunaan layanan API sebagai penghubung antara sistem dengan whatsapp untuk mengirimkan pesan notifikasi surat masuk baru kepada camat agar proses disposisi dapat segera dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Arsip, Tracking, API
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:34
Last Modified: 05 Oct 2022 03:34
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item
View Item