Sistem Pakar Penentuan Kerusakan Laptop Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainly Factor Pada Hamascom Sukoharjo

KURNIAWAN, MUHAMMAD ADITYA (2022) Sistem Pakar Penentuan Kerusakan Laptop Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainly Factor Pada Hamascom Sukoharjo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Kerusakan laptop lazim terjadi ditengah masyarakat. Kerusakan menyebabkan kerugian,baik secara material maupun finansial. Maka dari itu dengan adanya sistem pakar akan menjadi rujukan penentuan kerusakan dan perawatan apa yang harus dilakukan.
Pada penelitian ini peneliti mengambil tema Sistem pakar yang diterapkan dengan menggunakan metode penelitian Prototype sebagai metode pengembangan sistem. Metode ini dimulai dari Communications sebagai penyambung lidah Hamascom komputer kepada peneliti. Tahapan selanjutnya adalah Quick Plan sebagai penentuan kebutuhan aplikasi baik dari Software, Hardware dan operasional. Langkah selanjutnya adalah Modeling Quick Plan sebagai perancangan desain aplikasi baik Interface maupun konten sistem. Sesudah itu Construction Of Prototype yakni penerapan desain yang dibuat sebelumnya menjadi program yang utuh. Langkah terakhir adalah Deployment And Feedback merupakan tahapan evaluasi dan perbaikan ulang setelah dilakukan uji coba.
Sistem pakar dapat dikontrol melalui data kerusakan,data gejala, data pengetahuan, data solusi serta dapat menampilkan riwayat perbaikan. Pengujian menggunakan Black Box untuk menguji tampilan dan fungsi menu yang dibuat pada aplikasi sistem pakar.Pengujian lain Menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada responden dan mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut. Responden terpilih adalah 10 orang dan semuanya memberikan nilai dari kuisioner. Respon paling tinggi adalah pada manfaat sistem terhadap user sebesar 100% sedangkan nilai rata rata pada 71%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Laptop, Kerusakan Laptop, Prototype, Kuisioner
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:30
Last Modified: 05 Oct 2022 08:30
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item
View Item