PROTOTYPE ROBOT KAPAL PEMUNGUT SAMPAH DI SUNGAI MENGGUNAKAN NODEMCU DENGAN SISTEM KENDALI SMARTPHONE

PUTRA, ADITYA ATHALA (2022) PROTOTYPE ROBOT KAPAL PEMUNGUT SAMPAH DI SUNGAI MENGGUNAKAN NODEMCU DENGAN SISTEM KENDALI SMARTPHONE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] PDF
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] PDF
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang "Prototype Robot Kapal Pemungut Sampah Di Sungai Menggunakan Nodemcu Dengan Sistem Kendali Smartphone". Penyebab terjadinya banjir yaitu penumpukan sampah yang terjadi di permukaan air, terutama di permukaan sungai yang mengakibatkan air sungai tidak dapat mengalir sehingga air sungai menaik dan terjadi banjir. prototype pembersih sampah ini menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai pengendali pertama. Pada bagian depan kapal dilengkapi dengan penyaring sampah yang nanti akan digerakan oleh Servo sebagai penggerak lengan kapal untuk mengangkut sampah di permukaan air. Pada bagian belakang kapal terdapat 2 (dua) Motor DC yang digunakan sebagai pembantu untuk menggerakkan badan kapal, dan smartphone sebagai sistem kendali penggerak kapal seperti maju, dan berbelok.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membagi menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengumpulan data terdapat studi literatur, eksperimen dan pengujian. Yang kedua adalah metode tahapan penelitian menggunakan metode prototype, terdapat konsep perancangan, desain perancangan, persiapan kebutuhan, perakitan, pengujian alat.

Kesimpulan terhadap "Prototype Robot Kapal Pemungut Sampah Di Sungai Menggunakan Nodemcu Dengan Sistem Kendali Smartphone" adalah alat yang dirancang dapat mengangkut sampah yang digunakan untuk uji coba yaitu, sampah botol plastik ukuran 330ml berat -+ 25gr, sampah gelas plastik 220ml berat -+ 15gr, dan sampah ranting pohon panjang 10cm berat -+ 13gr. prototype dapat dijadikan acuan untuk membuat robot pemungut sampah di Dusun Bibit untuk melakukan pekerjaan dan sebagai alat bantu untuk membersihkan sungai. Dan dapat dikembangkan lagi untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prototype, Kapal, NodeMCU
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:24
Last Modified: 08 Jan 2024 02:24
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item
View Item