CAHYANI, LIA TRI (2022) Tinjauan Alur Pelaksanaan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (497kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Abstract
ABSTRAK
LIA TRI CAHYANI
Tinjauan Alur Pelaksanaan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi
Covid-19 Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta
Alur pendaftaran rawat jalan adalah suatu mekanisme atau prosedur yang dibuat oleh
Rumah Sakit untuk dapat memudahkan proses administrasi dan memproses kecocokan data
pasien sesuai dengan standarisasi Rumah Sakit, dalam penerimaan datang kerumah sakit.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subyek
penelitian ini adalah Petugas pendaftaran dan Kepala Rekam Medis di Rumah Sakit PKU
Muhammadiyah Surakarta. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah alur dan
prosedur pendaftaran di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Instrumen
penelitian ini dengan cara menggunakan pedomen observasi dan wawancara. Pengolahan
data dengan collecting, editing, penyajian data. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini bahwa sudah terdapat SOP pelaksanaan alur pendaftaran rawat
jalan pada masa pandemi covid-19. Alur pendaftaran rawat jalan ada 2 yaitu pendaftaran
secara langsung dan pendaftaran secara online untuk pendaftaran secara online melalui web
dan aplikasi. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam pendaftaran pasien rawat jalan
yaitu komputer, kursi, meja, printer, alat tulis, nomor antrian, KIB, masker medis, face
shield, handscoon, gaun APD, thermometer, hand sainitizer, kaca penutup. Jumlah petugas
pendaftaran di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sebanyak 15 petugas dengan
latar belakang 14 orang lulusan D3 RMIK dan 1 orang lulusan SMA. Formulir yang
digunakan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dalam pendaftaran yaitu Formulir
general consent dan formulir skrining Covid-19. Hambatan atau kendala pada pasien BPJS
masih ditemukan pasien yang tidak membawa syarat fotocopy KTP, fotocopy KK dan surat
rujukan yang sudah habis masa berlakunya.
Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sudah terdapat kebijakan yang
mengatur tentang alur pelaksanaan pendaftaran rawat jalan pada masa pandemi covid-19.
Alur pendaftaran ada dua secara langsung dan secara online. Jumlah petugas pendaftaran
yaitu 15. Hambatan masih ditemukan pasien yang tidak memenuhi persyaratan sebagai
pasien BPJS. Sebaiknya untuk memudahakan proses kelengkapan persyaratan dilakukan
sosisalisasi persyaratan melalui madding rumah sakit, atau disosialisasikan secara
langsung.
Kata kumci : Alur Pendaftaran, Rawat Jalan, Pandemi Covid-19
Kepustakaan : 14 (2006-2021)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alur Pendaftaran , Rawat Jalan , Pandemi Covid-19 |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 08:44 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1302 |