FEBRIANA, VELINDA (2022) IMPLEMENTASI FITUR KERJASAMA DAN FASILITAS PADA CHATBOT LAYANAN INFORMASI POLRESTA KLATEN DENGAN METODE TF-IDF DAN COSINE SIMILARY. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (368kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI FITUR KERJASAMA DAN FASILITAS PADA CHATBOT LAYANAN INFORMASI POLRES KLATEN DENGAN METODE
TERM FREQUENCY–INVERSE DOCUMENT FREQUENCY
DAN COSINE SIMILARITY
Oleh:
VELINDA FEBRIANA
180101227
Di era pandemi, sangatlah sulit untuk berpergian ke suatu tempat, salah satunya adalah mengunjungi kantor kepolisian untuk mendapatkan informasi seputar pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan vaksinasi. Maka teknologi informasi sangat berperan penting karena dapat membantu masyarakat untuk memperoleh informasi seputar kantor kepolisian melalui jarak jauh. Dengan adanya teknologi informasi dapat membantu dan mempermudah pekerjaan pihak kantor kepolisian dalam memberikan informasi kepada masyarakat.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis mencoba membangun aplikasi chatbot sebagai layanan informasi secara online selama 24 jam dengan tujuan untuk sarana komunikasi antar user dan admin seputar Polres Klaten. Pada chatbot diterapkan metode TF-IDF yang mampu berinteraksi dengan memberikan respon jawaban dengan cepat dan digunakan metode Cosine Similarity sehingga chatbot dapat mencari respon yang akurat. Pengujian black-box digunakan untuk melihat keseluruhan fungsi-fungsi dalam sistem.
Hasil pengujian black-box menunjukan bahwa keseluruhan fungsi yang ada dalam sistem chatbot telah berjalan dengan baik. Hasil pengujian aplikasi chatbot dengan menggunakan metode TF-IDF dan Cosine Similarity maka dapat disimpulkan: 1. Pada pengujian pertama menghasilkan kemiripan pada ketiga dokumen sebanyak 77.45%. Sedangkan, pada pengujian kedua menghasilkan kemiripan pada dokumen ke-2 sebanyak 88.70%. 2. Metode TF-IDF dan Cosine Similarity telah berhasil diterapkan dalam sistem dengan baik, dimana sistem dapat memberikan output berupa jawaban yang relevan. 3. Dilakukan proses pengukuran kemiripan dokumen menggunakan Cosine Similarity untuk mencari respon terbaik berdasarkan input dari user.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatBot, Pengujian Black-Box, Cosine Similarity |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:15 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1309 |