RANCANG BANGUN COMPLAINT HANDLING SYSTEM (CHS) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT) PEGAWAI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

Setiyo, Yoko (2022) RANCANG BANGUN COMPLAINT HANDLING SYSTEM (CHS) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT) PEGAWAI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview

Download (985kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (692kB)

Abstract

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam melaksanakan diklat yang melibatkan banyak peserta pelatihan, Pusdiklat harus memberikan pelayanan dan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan kepada peserta pelatihan. Namun untuk pelayanan dan sarana prasarana ada kalanya terkendala baik teknis maupun non teknis. Peserta pelatihan dapat melakukan pengaduan jika terdapat layanan kurang memuaskan atau sarana prasarana yang bermasalah. Untuk saat ini peserta dapat memberikan tanggapan terhadap pelayanan dan sarana prasarana di akhir pelatihan dan masih menggunakan form manual atau google form. Untuk kendala di masalah sarana misal AC, Toilet, dan lain-lain belum ada pencatatan kendala yang terjadi. Sehingga Pusdiklat tidak memiliki data terkait kendala-kendala yang diadukan oleh peserta pelatihan. Mengacu pada hal tersebut Pusdiklat mencoba melakukan inovasi berupa pengembangan Complaint Handling System (CHS) berbasis website dan Android.
Pengembangan Complaint Handling System (CHS) dilaksanakan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam pekerjaan yang akan diselesaikan. Pengujian dengan dilakukan dengan pengguna mendapatkan hasil sebagai berikut, aspek kesesuaian sistem 81,36%, kemudahan akses 81,36%, antarmuka sistem 76,36%, dan kemudahan pengumpulan data 79,48%. Dimana aspek antarmuka sistem perlu dibuat lebih menarik dan baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: complaint handling system, pengaduan, codeigniter, flutter.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:52
Last Modified: 08 Jan 2024 01:53
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item
View Item