Setiyo, Yoko (2022) RANCANG BANGUN COMPLAINT HANDLING SYSTEM (CHS) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT) PEGAWAI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Bab 3.pdf - Preview
Download (985kB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (692kB)
Abstract
Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam melaksanakan diklat yang melibatkan banyak peserta pelatihan, Pusdiklat harus memberikan pelayanan dan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan kepada peserta pelatihan. Namun untuk pelayanan dan sarana prasarana ada kalanya terkendala baik teknis maupun non teknis. Peserta pelatihan dapat melakukan pengaduan jika terdapat layanan kurang memuaskan atau sarana prasarana yang bermasalah. Untuk saat ini peserta dapat memberikan tanggapan terhadap pelayanan dan sarana prasarana di akhir pelatihan dan masih menggunakan form manual atau google form. Untuk kendala di masalah sarana misal AC, Toilet, dan lain-lain belum ada pencatatan kendala yang terjadi. Sehingga Pusdiklat tidak memiliki data terkait kendala-kendala yang diadukan oleh peserta pelatihan. Mengacu pada hal tersebut Pusdiklat mencoba melakukan inovasi berupa pengembangan Complaint Handling System (CHS) berbasis website dan Android.
Pengembangan Complaint Handling System (CHS) dilaksanakan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam pekerjaan yang akan diselesaikan. Pengujian dengan dilakukan dengan pengguna mendapatkan hasil sebagai berikut, aspek kesesuaian sistem 81,36%, kemudahan akses 81,36%, antarmuka sistem 76,36%, dan kemudahan pengumpulan data 79,48%. Dimana aspek antarmuka sistem perlu dibuat lebih menarik dan baik lagi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | complaint handling system, pengaduan, codeigniter, flutter. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:52 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:53 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1320 |