PUTRO, DIMAS ABIMANYU SUTRISNO (2022) Animasi Media Pengenalan Profesi di TK Muslimin Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (559kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Abstract
Taman Kanak-Kanak Muslimin Surakarta merupakan pendidikan merupakan lembaga pendidikan yang terdiri dari PAUD dan Taman Kanak-Kanak. Pendidikan taman kanak-kanak berperan sebagai pendidikan pra-sekolah, yang tugas utamanya membantu dalam pengembangan berbagai pengetahuan untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya. Materi yang diajarkannya beragam, salah satunya pengenalan berbagai macam profesi pekerjaan. Pengenalan profesi sejak dini sangatlah bermanfaat bagi anak untuk menambah wawasan menenai profesi, sehingga orangtua bisa mengarahkan anak pada cita-cita di masa depan. Pengenalan profesi bisa didapat anak dari guru atau orangtua, namun tentu profesi-profesi yang diajarkan terbatas. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang mengandalkan ketrampilan dan keahlian khusus yang didapatkan melalui pendidikan ataupun pengalaman kerja, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Pengenalan profesi sebaiknya dilakukan sejak usia dini dimana perkembangan otak anak sangat pesat. Mereka mampu menyerap dengan cepat berbagai informasi yang diberikan, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pengenalan profesi sejak dini diperlukan agar anak anak bisa belajar dan mengetahui beberapa macam profesi pekerjaan yang nantinya bisa mereka pilih untuk menentukan cita cita mereka.
Metode pengembangan sistem pada penelitian ini yaitu metode MDLC (Multimedia Development Live Cycle), yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribuition (pendistribusian). Media pengenalan yang dikembangkan yaitu pengertian profesi, pentingnya mengenal profesi, macam-macam profesi dan tugasnya. Untuk membangun video animasi ini menggunakan Adobe After Effect CC 2015, Adobe Premiere Pro CC 2021, dan desain gambar dengan Coreldraw 2021, hasil dari penelitian ini adalah video animasi 2 Dimensi pengenalan profesi untuk siswa TK Muslimin Surakarta.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan mendapatkan hasil kuesioner yang menyatakan 52.5% sangat setuju, 47.5% setuju, 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa video animasi ini berjalan sesuai fungsinya dan layak digunakan sebagai media pendukung pengenalan profesi untuk anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi 2 Dimensi, Pengenalan profesi, Taman kanak-kanak |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:48 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:48 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1487 |