CHATBOT UDBINFO BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA

SHOLIKIN, TAUFIK ANWAR (2022) CHATBOT UDBINFO BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat telah membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah Natural Language Processing (NLP) yang merupakan bagian dari artificial intelligence (AI). Contoh implementasi NLP adalah chatbot. Chatbot dapat memberikan nilai tambah bagi instansi melalui aplikasi yang interaktif dan unik sehingga menarik minat pengguna dalam melakukan komunikasi. Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta dalam melaksanakan proses pelayanan, telah menggunakan website dan sosial media. Namun, UDB Surakarta menggunakan customer support manusia yang memiliki kelemahan yaitu waktu kerja terbatas. Sehingga sering kali pertanyaan dari pengunjung tidak segera dijawab, terutama saat hari libur. Dengan adanya aplikasi mobile chatbot UDBInfo berbasis android dapat membantu menjawab pertanyaan umum seputar profil kampus UDB Surakarta.
Metode penelitian ini menggunakan research and development dengan prosedur pengembangan perangkat lunak model waterfall yang terdiri dari tahap komunikasi, perencanaan, pemodelan, kontruksi, dan deployment. Data yang telah dikumpulkan merupakan data kuantitatif dengan subyek penelitian dari berbagai kalangan menggunakan metode kuisioner/angket, kemudian dianalisis dengan presentase menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) aplikasi mobile chatbot UDBInfo berbasis android telah memenuhi kebutuhan sebagai media bantu untuk menjawab pertanyaan umum seputar profil kampus UDB Surakarta, (2) hasil pengujian aplikasi telah memenuhi standar kualitas perangkat lunak ISO 25010 pada aspek functional suitability sebesar 100% (sangat baik), aspek compatibility berbagai sistem operasi dan tipe perangkat sebesar 100% (sangat baik) dan co-existence sebesar 100% (sangat baik), aspek performance efficiency CPU 5,1%, memory 168,9MB, time behavior 0,016 seconds/thread (baik), aspek usability sebesar 83,73% (sangat baik), dan hasil pengujian kualitas uji materi sebesar 100% (sangat baik).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: chatbot, aplikasi, android, standar ISO 25010
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:47
Last Modified: 20 Oct 2022 06:47
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item
View Item