FITRIANTO, ARIF EKO (2022) APLIKASI ANTRIAN PASIEN RAWAT PADA KLINIK PRATAMA MTA SURAKARTA BERBASIS MOBILE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Abstract
Klinik Pratama MTA Surakarta adalah klinik di daerah kota surakarta yang
terus berupaya untuk meningkatkan layanan serta standar kualitas klinik
dari berbagai sisi, antara lain pemanfaatan teknologi informasi. Proses
Pendaftaran pasien pada klinik ini masih dilakukan dengan model konvensional
sehingga dengan tingkat kunjungan yang sering tinggi kadangkala terjadi
penumpukan di ruang tunggu Front Office. Dengan tingginya tingkat pendaftaran
tersebut, maka berdampak pula pada tingkat antrian yang tinggi pada pelayanan
poliklinik. Kadangkala pasien sampai menunggu di luar ruang tunggu poliklinik,.
Sehingga ada pasien yang tidak mendengar ketika namanya dipanggil dan
menyebabkan namanya dilewatkan serta tidak mengetahui nomor urutan yang telah
dipanggil. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang purwarupa sistem
pendaftaran online klinik untuk pelayanan poli berbasis mobile, dimana di dalam
sistem pendaftaran tersebut terdapat pula layanan antrian untuk poliklinik.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan melakukan
identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, pengembangan sistem
menggunakan metode waterfall dan penulisan laporan.
Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendaftaran online klinik
untuk pelayanan berbasis mobile yang mengolah sistem pendaftaran dan antrian
pada layanan klinik Pratama MTA Surakarta, Hasil dari pengujian blackbox dari
halaman admin, halaman petugas medis maupun halaman pasien memperlihatkan
bahwa dari semua kegiatan yang dilakukan oleh aktor untuk hasil pengujian atau
hasil keluaran sama dengan hasil yang diharapkan (terpenuhi), sehingga
menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun sudah memenuhi persyaratan
fungsional. sehingga dapat mengurangi permasalahan pada model konvensional
sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendaftaran Online, Sistem Antrian, Klinik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 06:03 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 06:03 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1520 |