DEFI, LATHIFAH KARTIKA (2022) Tinjauan Pelaksanaan Pengajuan Klaim Pasien BPJS di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
Abstract
Klaim BPJS kesehatan merupakan pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Apabila pada saat pengajuan klaim pasien BPJS terjadi kendala maka dapat menyebabkan terlambatnya pelaksanaan pengajuan klaim, serta penangguhan pembayaran berlebih dapat merugikan bagi pihak rumah sakit.
Penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada tiga informan yang terdiri dari 1 kepala ruang rekam medis, serta 2 orang petugas bagian casemix, dan observasi terhadap SOP yang berlaku dalam pelaksanaan pengajuan klaim pasien BPJS, dan rekapan klaim pasien BPJS yang diajukan pada tahun 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajuan klaim memiliki SOP dimana dilakukan paling lambat tanggal 10 disetiap bulannya oleh tim pengaju klaim secara komputerisasi. Permasalahan yang terjadi seperti maintenance server, koneksi internet error, pemadaman listrik, klaim pending dan klaim tidak layak. Upaya pemecahan masalah seperti menghubungi bagian IT internal atau menunggu perbaikan dari Kemenkes. Sedangkan untuk klaim pending yaitu dengan memperbaiki kode diagnosis atau tindakan, melengkapi bukti pemeriksaan penunjang, dan berkonsultasi dengan DPJP.
Penulis menyarankan untuk meningkatkan koneksi internet, pemberian pelatihan kepada petugas koder mengenai kode-kode diagnosis dan tindakan khusus, monitoring dan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan kegiatan dan perencanaan pelaksanaan pengajuan klaim pasien BPJS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajuan klaim, Permasalahan, Pemecahan masalah |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 02:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 02:24 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1540 |