WULANDARI, RIZKI NURUL (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS PASIEN RAWAT INAP DI RS NIRMALA SURI SUKOHARJO PADA TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
Abstract
ABSTRAK
RIZKI NURUL WULANDARI
Identifikasi Penyebab Pending Klaim BPJS Pasien Rawat Inap Di RS
Nirmala Suri Sukoharjo Pada Tahun 2020.
Klaim pending adalah klaim yang dikembalikan oleh pihak verifikator
BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan kepada rumah sakit untuk
dilakukan revisi yang nantinya dapat diajukan kembali. Penelitian ini bertujuan
mengetahui faktor penyebab pending klaim BPJS pasien rawat inap di Rumah
Sakit Nirmala Suri Sukoharjo pada tahun 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan
retrospektif. Sampel 685 klaim yang mengalami pending dengan teknik sampel
jenuh. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara.
Pengolahan data dengan classification, editing, dan penyajian data dengan bentuk
teks. Pengolahan data dengan analisis data dilakukan secara deskriptif.
Pelaksanaan klaim pasien BPJS di Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo
sudah dilaksanakan dan menerapkan SPO (Standar Prosedur Operasional) yang
ada. Terdapat 14 klasifikasi pending klaim BPJS pasien rawat inap di Rumah
Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Penyebab pending klaim BPJS pasien rawat inap di
Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo pada tahun 2020 meliputi: kelengkapan
dokumen rekam medis, kejelasan tulisan dokter, dan pembaruan sistem aplikasi.
Upaya penyelesaian pending klaim BPJS pasien rawat inap sudah melakukan
revisi apa yang perlu diperbaiki dan menelaah kembali sesuai dengan SPO yang
ada dilihat dari berita acara kesepakatan kemudian untuk hal-hal yang perlu
kelengkapan dikonfirmasi kembali ke pemberi pelayanan atau unit terkait seperti
unit rekam medis dan pendaftaran, instalasi rawat inap, instalasi gawat darurat,
unit kasir, dan instalasi farmasi.
Penulis menyarankan sebaiknya petugas saat melakukan scan berkas
resume medis pasien dilihat kembali tulisan sudah terbaca dengan jelas atau
belum sehingga verifikator tidak kesulitan dalam membaca. Sebaiknya melakukan
sosialisasi dengan unit terkait seperti unit rekam medis dan pendaftaran, instalasi
rawat inap, instalasi gawat darurat, unit kasir, dan instalasi farmasi mengenai
syarat kelengkapan pengajuan klaim dilengkapi terlebih dahulu atau diberi batas
waktu pengumpulan dari unit terkait, sehingga klaim pending agar tidak terjadi
lagi. Sebaiknya pihak rumah sakit membuat rekam medis secara elektronik agar
setiap tulisan dokter atau profesional pemberi asuhan dapat terbaca dengan jelas.
Kata kunci : Penyebab Pending Klaim, Klaim BPJS, Pasien Rawat Inap.
Kepustakaan : 26 (2011-2021)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyebab Pending Klaim, Klaim BPJS, Pasien Rawat Inap. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:38 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1620 |