MEYZALINA, ARDITA FIENDA (2022) TINJAUAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI RSU MITRA KELUARGA HUSADA PEDAN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (649kB)
Abstract
Waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan adalah dimulai dari pasien mendaftar sampai pasien dilayani dokter. Berdasarkan survai awal tingkat lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan mencapai 64,8 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan poli umum di RSU Mitra Keluarga Husada Pedan Klaten
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi pasien rawat jalan pada tahun 2021 dan sampel 100 pasien rawat jalan poli umum, pendekatan dengan cross sectional. Cara pengumpulan data dengan observasi dan wawancara, instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan stopwatch. Pengelolaan data dengan coleting, editing, klasifikasi dan penyajian data.
Waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan poli umum di RSU Mitra Keluarga Husada Pedan Klaten Pasien dengan waktu tunggu yang dikatakan lambat sebanyak 65%, hal ini belum sesuai dengan Menkes RI No:129/Menkes/SK/II/2008 bahwa standar waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan yaitu kurang dari 65 menit, faktor yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan yaitu faktor sumber dya manusia, faktor sarana dan prasarana, faktor prosedur.
RSU Mitra Keluarga Husada Pedan Klaten disarankan untuk membuat Standar Operasional Prosedur tentang waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan, Mengoptimalkan SDM, Membuat pelatihan tentang manajemen dan prosedur pendaftaran pasien rawat jalan, memaksimalkan sistem SIMRS untuk mencetak tracer secara otomatis, Sebaiknya koneksi internet segera diperbaiki supaya pendaftaran berjalan dengan efisien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu tunggu, Rawat Jalan, Standar Pelayanan Minimal |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 02:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 02:47 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1629 |