Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali Tahun 2022

PRATIWI, PINKAN (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali Tahun 2022. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

ABSTRAK
PINKAN PRATIWI
PENGARUH MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS SAWIT BOYOLALI TAHUN 2022

UPTD Puskesmas Sawit Boyolali merupakan puskesmas yang terakreditasi madya yang menyediakan pelayanan rawat ianp, rawat jalan dan gawat darurat. Dimensi mutu pelayanan rawat jalan mempengaruhi kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali meliputi Reliability (kehandalan), Responsiveness (cepat tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (perhatian), dan Tangible (bukti nyata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik menggunakan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan dengan metode quota sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali dengan sampel sejumlah 95 pasien. Pengambilan data diperoleh melalui kuesioner dengan hasil validitas 0,202 dan hasil reliabilitas sebesar 0,600 untuk setiap variabel, analisis data menggunakan program SPSS dengan uji statistik Kendall Tau.
Hasil uji statistik Kendall Tau diperoleh nilai signifikasi dri masing-masing variabel 0,0001 untuk reliability, 0,0001 untuk responsiveness, 0,0001 untuk aasurance, 0,0001 untuk empathy dan 0,0001 untuk tangible. Dari analisis data diketahui bahwa variabel dimensi mutu pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan.
Peneliti menyarankan sebaiknya UPTD Puskesmas Sawit Boyolali lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien agar mutu pelayanan dapat bertahan dan meningkat.

Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, dan Puskesmas
Kepustakaan : 22 (2007-2021)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, dan Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:23
Last Modified: 06 Oct 2025 03:23
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item
View Item