ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KASUS HIPERTENSI DI RUANG PERAWATAN KELAS 3 RS UNS SURAKARTA

CRISNASARI, GABRIEL (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KASUS HIPERTENSI DI RUANG PERAWATAN KELAS 3 RS UNS SURAKARTA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (877kB)

Abstract

ABSTRAK
Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Kasus Hipertensi di Ruang Perawatan Kelas 3 RS UNS Surakarta
Gabriel Crisnasari

Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan di mana pasien menyatakan hasil perbandingan atas kinerja produk/ jasa yang diterima dan diharapkan setelah mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan selain menjadi tuntutan profesialisme juga dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan pasien rawat inap kasus hipertensi di ruang perawatan kelas 3 RS UNS Surakarta. Dimensi kepuasan pada penelitian ini dibedakan menjadi 5 dimensi yaitu bukti fisik (tangibels), empati (empathy), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance) dan empati (empathy).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dari para pasien hipertensi di ruang rawat inap kelas 3 yang berada di RS UNS Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan obervasi partisipan yang dilakukan pada bulan April- Mei 2022.Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert.
Hasil penelitian diketahui kepuasan pasien pada skala mean 1- 5 didapatkan hasil sebagai berikut : dimensi bukti fisik (tangible) dari hasil perhitungan rata- rata sebesar 4,16 termasuk ke dalam kategori positif (baik). Kepuasan pasien pada dimensi empati (empathy) dari hasil perhitungan rata- rata sebesar 4,30 termasuk ke dalam kategori sangat positif (sangat baik). Kepuasan pasien pada dimensi keandalan (reliabilily) dari hasil perhitungan rata- rata sebesar 4,24 termasuk ke dalam kategori sangat positif (sangat baik). Kepuasan pasien pada dimensi ketanggapan (responsiveness) dari hasil perhitungan rata- rata sebesar 4,26 termasuk ke dalam kategori sangat positif (sangat baik). Kepuasan pasien pada dimensi kepastian (assurance) dari hasil perhitungan rata- rata sebesar 4,36 termasuk ke dalam kategori sangat positif (sangat baik).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar pasien rawat inap kasus hipertensi di ruang perawatan kelas 3 RS UNS Surakarta sudah merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Hal ini dibuktikan dari hasil persentase kepuasan pasien berkisar antara 56%- 62%. Penulis menyarankan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari 5 dimensi kepuasan pasien yaitu bukti fisik, empati, keandalan, ketanggapan dan kepastian. Selain itu Rumah Sakit UNS Surakarta perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Rawat Inap, Ruang Perawatan, Kelas 3
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:56
Last Modified: 07 Nov 2023 02:56
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item
View Item