JANNAH, NAI'MATUL FARICHUL (2023) MOBILE LEARNING PROSES DAUR AIR MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA DI SDIT AL HADI MOJOLABAN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Abstract
ABSTRAK
MOBILE LEARNING PROSES DAUR AIR
MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA
DI SDIT AL HADI MOJOLABAN
Oleh:
Nai’matul Farichul Jannah
190101211
SDIT Al Hadi Mojolaban adalah sekolah dasar yang beralamat di Mojolaban, Sukoharjo. Sekolah dasar tersebut merupakan sekolah dasar yang berdiri tahun 2015. Dalam kegiatan proses belajar mengajar (KBM), guru kurang dalam pengaplikasian media pembelajaran sehingga siswa sulit dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan. Terutama pada mata pelajaran tematik yaitu muatan IPA materi proses Daur Air. Peserta didik dinilai kesulitan dalam membayangkan proses terjadinya hujan atau proses daur air, maka dalam penelitian ini penulis membangun sebuah aplikasi pembelajaran tematik materi proses daur air berbasis mobile.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu tahap concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian system yang digunakan ada dua jenis yaitu black box testing dan pengujian dengan kuesioner. Dalam merancang dan membangun aplikasi mobile learning menggunakan perangkat Adobe Flash CS6.
Hasil implementasi aplikasi yang telah dilakukan dengan pengujian black box testing bahwa aplikasi berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Dan berdasarkan hasil pengujian pengguna yang dilaksanakan oleh penulis melalui kuesioner menunjukkan bahwa 66,67% responden sangat setuju dalam penggunaan aplikasi mobile learning tersebut. Setelah menggunakan aplikasi mobile learning proses daur air mata pelajaran tematik muatan ipa, peserta didik menjadi lebih tertarik dalam belajar. Selain itu, dengan adanya animasi dalam aplikasi peserta didik juga lebih mudah dalam memahami materi proses daur air.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mobile learning, proses daur air, dan Adobe Flash |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:14 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1783 |