SANDI, MUHAMAD (2023) APLIKASI PEMESANAN TIKET KOLAM GANESHA SENDANG SALJU BERBASIS MOBILE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (860kB)
Abstract
Kolam Ganesha Sendang Salju merupakan kolam renang yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah, kolam renang ini tergolong baru. Saat ini, proses pemesanan tiket masih menggunakan tiket kertas. Tiket tersebut ditarik kembali oleh petugas untuk keperluan rekapitulasi data. Cara yang dilakukan oleh pihak pengelola kolam renang masih menggunakan sistem lama, dimana pemesanan tiket kolam renang masih menggunakan tiket kertas yang dipesan di loket, setiap menjelang liburan atau tanggal merah pengunjung wisata rata - rata perhari menjual 100 tiket dan membuat antrian panjang yang menyebabkan pintu masuk atau tempat loket berdesak-desakan dikarenakan pelayanan pembelian tiket tidak effisien. Maka dari itu dengan dibuatnya aplikasi booking tiket akan mudahkan pengunjung untuk melakukan pembelian tiket, mulai dari mendaftar sebagai pelanggan, memilih wahana yang akan dipesan dengan jumlah tiket yang dipesan, kemudian transaksi pembayaran, admin yang memproses pemesanan tiket dengan memverifikasi pemesanan tiket pengunjung dengan mengecek bukti transfer yang sudah diupload, jika sudah proses verifikasi dan tiket pemesanan sudah lunas, maka akan keluar dengan bukti nomer booking tiket maupun invoice pembayaran tiket.
Dari permasalahan diatas penulis melakukan pengembangan aplikasi pemesanan tiket mulai dari analisis sistem yang berjalan, analisis kelemahan sistem dengan menggunakan metode PIECES, analisis sistem yang dikembangkan, desain perancangan sistem menggunakan UML dengan usecase, diagram activity, sequence diagram, class diagram, desain tabel, dan rancangan antarmuka.
Hasil dari perancangan sampai tahap pengujian aplikasi pemesanan tiket menunjukkan hasil dengan metode pengujian blackbox, dimana pengujian ini mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden, dimana pertanyaan sebanyak 5 serta responden sebanyak 7 user sehingga diperoleh hasil aplikasi telah layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Tiket Online, UML, Wahana |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:12 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1794 |