TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KASONGAN YOGYAKARTA BULAN X 2022

MAHARANI, NATALIA (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KASONGAN YOGYAKARTA BULAN X 2022. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KASONGAN YOGYAKARTA

Natalia Maharani

Pelayanan informasi obat merupakan pelayanan untuk memberikan seluruh informasi obat baik yang menggunakan resep maupun tanpa resep dokter kepada profesi kesehatan untuk masyarakat atau pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja dengan harapan. Jika kinerja dibawah harapan maka pasien tidak puas, sedangkan bila kinerja sesuai harapan maka pasien akan puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan harapan pasien terhadap pelayanan informasi obat baik dengan resep maupun tanpa resep dokter di Apotek Kasongan.
Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional-survey dengan kuesioner yang diberikan kepada 104 pasien. Kuesioner digunakan sebagai salah satu cara menganalisis penelitian yang terdiri dari kuesioner kepuasan. Penilaian kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti langsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan microsoft excel 2010 untuk menghitung skala likert lima poin yang akan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian dihitung skor rata-rata persentase kepuasan pasien, kemudian pada harapan pasien disimpulkan dari kuesioner kepuasan.
Hasil penelitian kepuasan menunjukan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan informasi obat baik yang menggunakan resep maupun tanpa resep dokter di Apotek Kasongan dengan skor persentase rata-rata 80,5%. Pada hasil penelitian harapan sangat penting bagi pasien hal ini menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat sangat penting bagi pasien, sehingga perlu ditingkatkan kembali pelayanannya supaya kepuasan pasien dapat sesuai dengan harapannya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Apotek Kasongan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:46
Last Modified: 15 Aug 2023 07:46
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item
View Item