MAHARANI, NATALIA (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KASONGAN YOGYAKARTA BULAN X 2022. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (380kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Abstract
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KASONGAN YOGYAKARTA
Natalia Maharani
Pelayanan informasi obat merupakan pelayanan untuk memberikan seluruh informasi obat baik yang menggunakan resep maupun tanpa resep dokter kepada profesi kesehatan untuk masyarakat atau pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja dengan harapan. Jika kinerja dibawah harapan maka pasien tidak puas, sedangkan bila kinerja sesuai harapan maka pasien akan puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan harapan pasien terhadap pelayanan informasi obat baik dengan resep maupun tanpa resep dokter di Apotek Kasongan.
Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional-survey dengan kuesioner yang diberikan kepada 104 pasien. Kuesioner digunakan sebagai salah satu cara menganalisis penelitian yang terdiri dari kuesioner kepuasan. Penilaian kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti langsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan microsoft excel 2010 untuk menghitung skala likert lima poin yang akan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian dihitung skor rata-rata persentase kepuasan pasien, kemudian pada harapan pasien disimpulkan dari kuesioner kepuasan.
Hasil penelitian kepuasan menunjukan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan informasi obat baik yang menggunakan resep maupun tanpa resep dokter di Apotek Kasongan dengan skor persentase rata-rata 80,5%. Pada hasil penelitian harapan sangat penting bagi pasien hal ini menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat sangat penting bagi pasien, sehingga perlu ditingkatkan kembali pelayanannya supaya kepuasan pasien dapat sesuai dengan harapannya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Apotek Kasongan |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 07:46 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 07:46 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1825 |