Cahya, Robertus Pria Tri (2023) Animasi Sebagai Media Pembelajaran Global Warming di SMP NEGERI 4 NGUTER. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Abstract
SMP Negeri 4 Nguter merupakan salah satu instansi pendidikan di kabupaten Sukoharjo yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu baik dalam hal prestasi. Pendidikan SMP N 4 NGUTER berperan mengembangkan pribadi anak didik secara menyeluruh, yang tugas utamanya membantu dalam pengembangan berbagai pengetahuan untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya. Materi yang diajarkannya beragam, salah satunya tentang Global Warming/pemanasan global. Global warming atau pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap. Pembelajaran Global Warming sebaiknya dilakukan sejak usia dini sampai remaja dimana perkembangan otak anak sangat pesat sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak.
Metode pengembangan sistem pada penelitian ini yaitu metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian).Untuk membangun Media Pembelajaran ini menggunakan Adobe Animate 2019, dan desain gambar dengan Coreldraw 2020, hasil dari penelitian ini adalah Animasi Sebagai Media Pembelajaran Global Warming.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan mendapatkan hasil kuesioner yang menyatakan 72% sangat setuju, 26% setuju, 2% cukup , 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa animasi sebagai media pembelajaran ini sesuai fungsinya dan layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran untuk anak usia remaja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah menengah pertama , Pembelajaran global warming, Animasi 2D |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:50 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:50 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2108 |