Multimedia Interaktif Pembelajaran Akuntansi Pada SMK Batik 1 Surakarta

Abidah, Hasna Fitria Nur (2023) Multimedia Interaktif Pembelajaran Akuntansi Pada SMK Batik 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (825kB)

Abstract

Akuntansi merupakan cara atau metode yang digunakan untuk pencatatan mengenai transaksi keuangan sehingga menghasilkan informasi yang relevan. Permasalahan yang dihadapi sejumlah siswa dalam pembelajaran akuntansi adalah kurangnya minat belajar siswa karena sebagian besar materi pelajaran akuntansi berupa perhitungan dan teori. Media pembelajaran yang dapat digunakan guru sebagai sarana meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran akuntansi salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahapan yaitu Tahapan Konsep, Perancangan, Pengumpulan bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. Pengujian sistem yang digunakan dengan dua jenis yaitu pengujian alpha dengan metode black-box testing dan pengujian kuesioner. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Adobe Animate 2019.
Hasil implementasi aplikasi yang telah dilakukan dengan pengujian black-box menunjukkan bahwa semua sistem berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner disimpulkan bahwa rata – rata siswa memilih ‘Sangat Setuju’ dengan persentase 55% dan ‘Setuju’ dengan persentase 45% hal ini berarti Multimedia Interaktif Pembelajaran Akuntansi Pada SMK Batik 1 Surakarta sudah layak dan sesuai dengan kebutuhan siswa serta dapat diterapkan pada pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Interaktif, Akuntansi, Belajar, Adobe Animate
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:48
Last Modified: 05 Jan 2024 03:48
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item
View Item