SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA PADA MAX’S LAUNDRY BERBASIS WEB

ALJANAH, IBA MAY CAHYA (2023) SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA PADA MAX’S LAUNDRY BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Max’s Laundry merupakan salah satu wirausaha pelayanan jasa pencucian dan pengeringan terutama pada pakaian. Max’s Laundry yang terletak di Jl. Solo Wonogiri Nguter Nguter, Dusun II, Nguter, Kec. Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57571. Max’s Laundry memanfaatkan media mmt dan informasi mulut ke mulut guna melakukan promosi pelayanan jasa laundry. Pada saat customer ingin melaundry pakaian, untuk itu customer harus datang langsung ke tempat tersebut untuk mendaftarkan diri, kemudian customer memberikan pakaian yang akan di laundry, dan setelah tahap pencucian selesai customer melakukan transaksi (pembayaran). Pada saat pembayaran terdapat permasalahan yaitu masih menggunakan nota pembayaran secara manual, yang sangat mungkin terjadi apabila nota tersebut terkena air, hilang, ataupun rusak pada fisik kertas sehingga akan sulit dalam proses pembayaran tersebut dan pengelolaannya menjadi kurang efektif dan efisien. Pada Max’s Laundry, sebelumnya juga belum ada sistem, maka dari itu akan dibuatkan sistem pembayaran payment gateway agar mempermudah dalam proses pembayarannya.

Dalam penelitian Metode yang digunakan penulis dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode Waterfall memiliki tahapan Requirement, Design, Implementation, Verification, dan Maintenance. Terdapat analisis kebutuhan sistem menggunakan analisis PIECES. Perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Pengujian dilakukan dengan black box testing dan menggunakan pengujian beta dengan kuesioner.

Kesimpulan pembangunan sistem aplikasi website Pelayanan Jasa pada Max’s Laundry memiliki 3 hak akses yaitu, pemilik, karyawan dan customer. Dengan memiliki hak akses masing-masing seperti Pemilik dapat mengelola data karyawan, mengelola katalog produk, melihat data customer, melihat riwayat transaksi dan melihat laporan. Karyawan dapat mengelola data customer, mengelola data pesanan, mengelola transaksi, dan melihat laporan. Customer dapat mengakses sistem seperti dapat melakukan registrasi, dapat melakukan pemesanan, dapat melakukan transaksi pembayaran dan melihat riwayat pemesanan. Hasil Pengujian Terhadap terhadap sistem yang dibuat bahwa sistem berhasil dijalankan sesuai dengan yang diharapkan dan pengguna sangat setuju dengan adanya sistem pelayanan jasa laundry untuk membantu pihak Max’s Laundry dalam pelayanannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Black Box, Laundry, Sistem Informasi, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:46
Last Modified: 05 Jan 2024 03:46
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item
View Item