WAHYUNINGSIH, MILA AFIFAH (2023) SISTEM INFORMASI PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK BERBASIS WEB PADA TOKO OMAH GIFT GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Abstract
Toko Omah Gift merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang UMKM yang menjual berbagai gift foto,bucket untuk hadiah pernikahan, wisuda, ulang tahun dll. Proses pemasaran dan penjualan masih dilakukan melalui story Whatsapp, postingan Instagram, dan berita mulut ke mulut dan catatan buku pemesanan yang belum tersistematisasi membuat pemilik memerlukan waktu yang lebih lama. Sehubungan dengan itu maka diperlukan sebuah sistem rancang bangun yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan melalui halaman-halaman web yang disediakan dan membantu pemilik untuk melakukan perekapan data pemesanan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan tahapan, analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Metode analisis sistemnya menggunakan analisis Pieces. Alat untuk perancangan sistemnya menggunakan Workflow. Sistem yang dibuat berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL.
Penelitian ini menghasilkan suatu sistem dengan menggunakan e-commerce sebagai alat pemasaran dan penjualan dapat membantu pemilik usaha mendapatkan jangkauan penjualan yang lebih luas, mempermudah pengolahan data dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Pengujian dilakukan menggunakan pengujian black box testing dengan hasil yang dapat disimpulkan bahwa Hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa sistem yang di bangun bisa dijalankan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Dari pengujian yang dilakukan kepada pengguna yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah 10 responden dapat diperoleh hasil dengan persentase dari sisi admin 80% dan dari sisi pengguna 88%. Hal ini menunjukan bahwa sistem informasi pemasaran dan penjualan produk berbasis web pada toko omah gift ini sudah sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Waterfall, Website, PHP, MySQL, Black box Testing |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:44 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:44 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2138 |